Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Memahami Type Rumah


Pada sebuah brosur/Iklan perumahan, sering tertera atau tertulis rumah type 36/90, 45/90, 120/200 dan sebagainya. Type ini adalah menandakan luas bangunan dan luas tanah.
Developer menawarkan jasa pembuatan rumah ataupun menjual rumah dengan menyebutkan tipe rumah tersebut. Yang jadi masalahnya kalau kita sampai tidak tau maksud dari tipe - tipe rumah tersebut, yang ada bisa salah pilih dan salah beli rumah.
Pengertian sederhananya Tipe rumah itu adalah total luasan bangunannya. Misalnya rumah kita ukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter maka luasnya adalah 36 m2. Nah, itulah yang di maksud Tipe 36 tapi biasanya kan kalau di tawarkan developer mereka sebutin 36/60. Apa maksudnya dengan angka 60 yang di bagian belakang itu ?? mari kita bahas, biar lebih jelas ya !!
Rumah type 36/90 mengandung maksud bahwa ukuran rumah (denah) luasnya adalah 36 m2 sedangkan luas keseluruhan tanah adalah 90 m2.
Dengan mengenal ini kita bisa melihat rumah kita benar tidak dengan klasifikasi tersebut dengan melihat di sertifikat tanah.



Share this article now on :

Post a Comment