Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Curah Pendapat Materi Komunikasi Dalam Jaringan

Ada Nara Sumber dan Audien

Curah pendapat merupakan salah satu metode dalam berdiskusi.Pada pemahaman mengenai diskusi itu sendiri adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah/topik.
Topik yang dibahas pada kali ini adalah mengenai informasi daring.Salah satu topik dalam Mapel SIMDIG.
Menarik mereka berdiskusi dengan gaya khas remaja menyampaikannya.Yang lebih mengherankan adalah hasil power point yang digunakan untuk mempresentasikan sungguh diluar dugaan.Pemilihan warna,gambar pendukung,komposisi struktur tulisan terasa enak diikuti.Juga pemilihan point-point kalimat/kata yang dipilih.
Pada sesi tanya jawab sangat hidup,banyak pertanyaan yang diajukan baik yang relevan maupun tidak  relevan.Bagaimana moderator sangat kewalahan mengatur sesi ini,memilih siapa yang bertanya karena banyak yang bertanya.Jawaban yang diberikan pun sungguh sangat mengena khas remaja bagaimana mereka mengolah kata-kata dan mencari sumber jawaban di internet.
Dimana peran guru?
Pada akhir sesi kurang lebih 17 menit guru menyimpulkan dan memberikan apresiasi,catatan jalannya diskusi berupa masukan untuk kelompok pemakalah maupun peserta diskusi.Tidak lupa untuk mengunduh materi di edmodo.
Yang jelas penerapan kurikulum 2013 ini lebih menantang semua pihak: guru harus lebih siap berinovasi dalam mengembangkan metode pemelajaran,siswa dituntut aktif mencari sumber-sumber informasi,pemerintah/sekolah dituntut menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung seperti perpustakaan konvensional,perpustakaan maya,media elektronik(komputer) dan tidak kalah penting sumber utama adalah koneksi internet.
OK selamat anak-anakku....teruskan !!!

Presentasi hasil Diskusi Kelompok photo DiskusiKelompokTGBX_zps14791fd2.gif
Share this article now on :

Post a Comment