Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Menghitung Reaksi Pada Tumpuan


Kita lihat ilustrasi gambar diatas, 2 orang memikul beban drum/tong aspal dengan berat 30kg. Letak drum/tong berada di tengah-tengah antar dua( 2) tersebut. Karena berada ditengah maka dapat dipastikan kedua orang akan memikul beban tersebut secara merata. Karena merata maka seimbang beratnya yaitu masing-masing memikul 15kg.
Ilustrasi gambar diatas digambarkan dengan penggunaan gambar perhitungan sebagai berikut:



Bahwa pada konstruksi keadaan tersebut bisa saja beban lebih dekat ke orang/tumpuan tertentu.Bagaimana cara mengitungnya?
Jika contoh diatas; Drum aspal yang dibawa tadi lebih dekat ke orang yang menggunakan topi yaitu 1 meter dari orang yang menggunakan topi. dengan beban yang sama yaitu 30Kg. Apa yang terjadi dari posisi tersebut?




Benar, bahwa pasti orang yang memikul dengan menggunakan topi akan lebih berat karena beban lebih dekat kedia. Berapa masing memikul ?
Jadi bahwa orang yang membawa beban itu diibaratkan sebagai tumpuan. Orang yang bertopi sebagai tumpuan A dan orang yang tidak bertopi sebagai tumpuan B. Lihat gambar dibawah ini!



Untuk menghitung reaksi pada tumpuan, kita mengetahui bahwa konstruksi diatas adalah termasuk konstruksi statis tertentu, yang memiliki 3 syarat kesembangan.

Ketiga syarat keseimbangan itu yaitu:
1. 𝞮H = 0  dibaca Sigma H sama dengan Nol
    Jumlah gaya-gaya horizontal sama dengan nol (0)

2. 𝞮V = 0  dibaca Sigma V sama dengan Nol
 Jumlah gaya-gaya vertikal sama dengan nol (0)

3. 𝞮M = 0 dibaca Sigma M sama dengan Nol (0)
Jumlah momen sama dengan nol


Untuk menghitung Reaksi pada tumpuan Dari ketiga syarat keseimbangan diatas yang memenuhi adalah menggunakan 𝞮M = 0 .Kenapa digunakan ini karena ada unsur gaya (P) dan jarak. Karena momen adalah perkalian antara gaya kali jarak.

Jadi pertama yang dilakukan adalah menentukan gaya yang ada kemudian dengan ditinjau dari titik tertentu tentukan berapa jaraknya.



ILUSTRASI DI LAPANGAN:
 
Share this article now on :

4 comments: