Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Al Kindi Dan Teori Relativitas Waktu

Al-Kindi, nama lengkapnya Abdul Yusuf Ya’qub bin Ishaq bin Ash-Shabah bin ‘Imran bin Isma’il bin Muhammad bin al-Asy’ats bin Qais al-Kindi. Al-Kindi dilahirkan di Kufah sekitar tahun 185 H (801 M) dari keluarga kaya dan terhormat.
Al-Kindi mengarang buku-buku dan menurut keterangan ibn al-Nadim buku-buku yang ditulisnya berjumlah 241 dalam filsafat, logika, matematika, musik, ilmu jiwa dan lain sebagainya. Corak filsafat al-Kindi tidak banyak yang diketahuinya karena buku-buku tentang filsafat banyak yang hilang. Salah satunya adalah tentang relativitas waktu yang tentunya merujuk kepada Al Quran.
Berikut ayat-ayat Al quran yang membuktikan tentang relativitas waktu:
Quran Surat (QS) Alhajj: 47). 
".... Sesungguhnya, sehari di sisi Tuhanmu seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung." 
(QS Assajdah: 5)
"Dia mengatur urusan langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." 
QS Al Ma'arij: 3-4
"Yang datang dari Allah, yang mempunyai tempat-tempat naik. Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun." 
QS Annaml: 88
"Dan, kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya. Padahal, ia berjalan sebagaimana jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
QS Al Mu'minun: 122-114
"Allah bertanya, 'Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?' Mereka menjawab, 'Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari. Maka, tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.' Allah berfirman, 'Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui'." 
Menurut Al - kindi, fisik bumi dan seluruh fenomena fisik adalah relatif. Relativitas, kata dia adalah esensi dari hukum eksistensi. "waktu, ruang, gerakan, benda. semuanya relatif dan tak absolut". cetus Al-kindi. Namun, ilmuwan barat seperti Galileo, Descartes, dan Newton menganggap semua fenomena itu sebagai sesuatu yang absolut, Hanya Einstein yang sepaham dengan Al-Kindi.
Sumber :  ROL Republika
Share this article now on :

Post a Comment