Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Alat Sambung Baja Ringan

Dalam perakitan dan pemasangan struktur rangka atap baja ringan, perlu diperhatikan ketentuan pemilihan dan pemasangan alat sambung agar diperoleh sistem struktur yang stabil, kuat, dan tidak merusak lapisan anti karat. Sambungan pada konstruksi baja ringan tidak dilakukan dengan pengelasan melainkan menggunakan baut khusus. Baut biasa, yang banyak dijual di lapangan, tidak boleh digunakan sebagai alat sambung dalam sistem struktur baja ringan. Alat sambung yang digunakan harus berupa bautt (screw) khusus, yang terbuat dari baja mutu tinggi, dan telah dilengkapi lapisan anti karat (coating), seperti halnya elemen- eleman struktur baja ringan yang digunakan. Hal ini harus diperhatikan karena beberapa alasan berikut:

a.Untuk menjamin stabilitas kekuatan dan kekakuan struktur, maka diperlukan alat sambung dengan kekuatan dan kekakuan yang sama dengan elemen/komponen utama sistem struktur.
b.Alat sambung harus dilapisi dengan lapisan anti karat yang sama dengan elemen/komponen struktur, karena jika terjadi korosi pada baut, maka akan ada resiko penjalaran korosi pada elemen/komponen struktur baja ringan.

Berikut disajikan gambar dan spesifikasi baut yang memenuhi persyaratan untuk digunakan pada struktur rangka atap baja ringan.
Share this article now on :

Post a Comment