Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Peran Jasa Konstruksi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Sudah terbukti bahwa jasa konstruksi mempunyai peran yang strategis sehingga perlu dilakukan pembinaan yang hirarchi menuju kegiatan usaha yang sehat dan bertanggung jawab demi kesejahteraan rakyat. Di berbagai negara jasa konstruksi merupakan lokomotif dari gerbong ekonomi , hal ini dapat dirasakan bahwa segala sesuatunya sangat tergantung pada infrastruktur dan infrastruktur tidak lain adalah jasa konstruksi. Itulah sebabnya di beberapa negara jasa konstruksi mendapat perhatian, bahkan diupayakan jasa konstruksi juga berperan di luar negeri sehingga dapat memasukkan devisa bagi negara.  

Industri konstruksi memegang peranan penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Pada periode 1974 – 2000, laju rata-rata pertumbuhan industri konstruksi Indonesia, sebagai salah satu indikator kinerja, mencapai 7,7%, lebihtinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yaitu sebesar 5,47%.(Sumber :Industri Jasa Konstruksi).
Untuk memperoleh gambaran kinerja jasa konstruksi yang lebih tepat, mekanisme penilaian terhadap indikator-indikator kinerja jasa konstruksi yang bersifat teknis,baik di tingkat industri secara keseluruhan, tingkat perusahaan (kontraktor dan konsultan) dan tingkat proyek diperlukan. Indikator kinerja yang terukur ini akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kontribusi industri konstruksi serta sebagai feeback yang sangat berarti untuk mengidentifikasi permasalahan  dan alternatif  solusinya  dalam usaha  pengembangan jasa konstruksinasional berdasarkan data yang akurat. 
Share this article now on :

Post a Comment