Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Flowchart Peminjaman Buku di Perpustakaan

Penyusunan databased yang terintegrasi kali ini adalah pada proses peminjaman buku di perpustakaan. Peminjaman buku dilakukan dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu secara online dengan tenggang waktu dari pemesanan ke pengambilan selama 24 jam dengan melakukan scancard di perpustakaan. Secara otomatis setelah melakukan scancard maka akan masuk kedalam database identifikasi nama, judul buku, masa pinjam dan jika keterlambatan pengembalian secara otomatis akan terscan pada database sejumlah rupiah kali berapa hari keterlambatannya. Prosesnya dapat dilihat flowchat di bawah ini.

Oya lupa mengomentari flowchart di atas.Mengingatkan kembali bahwa login menggunakan PIN saat mendaftar pertama kali di Penerimaan Peserta Didik Baru, sama dengan login di blogger,gmail,google+ menggunakan 1 akun.Setelah login dilakukan proses (loading) jika benar maka data masuk pada database pemesanan (reservasi).Sebaliknya jika password salah maka dilakukan proses awal(login).
Setelah melakukan pemesanan, pada hari berikut/waktu setelah itu melakukan scancard(kartu ini juga multi fungsi sebagai kartu siswa,ATM dsb) dengan waktu max 24 jam dari pemesanan.Setelah melakukan scancard maka otomatis masuk database peminjaman (sudah tertera saat pemimjaman,jenis buku,judul,waktu peminjaman) siswa langsung mendapatkan buku yang dipinjam.Jika pengembalian melampau tenggang waktu yang ditetapkan maka akan mendapatkan denda.Diberitahukan melalui Email, atau dapat disetting dengan HP.Terimakasih semoga bermanfaat.
Share this article now on :

4 comments:

  1. Waaaah... Sistem ini sudah diterapkan di sekolah, Pak? Kerennya... 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum seluruhnya Bu...Terimakasih telah berkunjung

      Delete
  2. keren kalo tiap sekolah kaya gini

    ReplyDelete