Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Konsep Gaya Interior


Macam-macam Konsep Gaya Interior: 
Konsep Garis 
Konsep Bentuk 
Konsep Motif 
Konsep Tekstur 
Konsep Warna 
Konsep Pencahayaan 
Konsep Penghawaan 
Konsep Perabot 

Konsep Unsur-unsur Interior 
1. Konsep Garis 
Garis yang diaplikasikan pada ruang adalah garis-garis horizontal yang lurus. Tujuan mengaplikasikan garis horisontal adalah untuk memberikan kesan lebih luas pada ruang. Garis lurus diaplikasikan pada ruang untuk memberikan suasana yang tenang pada ruang keluarga. 
2. Konsep Bentuk 
Konsep bentuk yang dimaksud disini adalah bentuk dari perabot dalam ruang. Bentuk ruangnya adalah persegi, sehingga agar lebih efektif maka bentuk dasar dari perabotnya adalah persegi. 
3. Konsep Motif 
Motif dapat diaplikasikan pada lantai, dinding, plafon dan perabot. Motif yang diaplikasikan tidak terlalu ramai sehingga tidak mempersempit ruang. 
4. Konsep Tekstur 
Tekstur yang sesuai untuk ruang yang sempit adalah tekstur yang halus. Material eksterior alami berupa batu alam memiliki karakter tekstur yang kasar, sehingga material ini tidak diaplikasikan secara penuh dalam ruang, namun sebagai pembentuk unsur garis atau tutuk pusat perhatian. 
5. Konsep warna 
Pemilihan skema warna sangat berpengaruh pada kesan dalam ruang. Pada ruang yang sempit, pemilihan skema warna menjadi faktor yang sangat penting. Semua skema warna dapat digunakan pada ruang sempit tergantung dari pengaturan intensitas warnanya. Pada desain, skema warna yang digunakan adalah warna monokromatik atau analogus. Skema warna ini digunakan untuk menunjang pemilihan gaya dalam ruang keluarga. 
7. Konsep Perabot 
Konsep perabot yang ditekankan disini adalah perabot yang portable dan multifungsi. Hal ini disebabkan karena kondisi ruang yang sempit namun dengan aktivitas yang kompleks. Perabot yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan ruang yang ada. Aktivitas yang ada adalah makan, membaca, dan nonton TV, maka perabot yang ada adalah kursi lesehan, meja makan dan baca serta rak.
Dari Berbagai Sumber.
Share this article now on :

Post a Comment