Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Konsep Rumah Go Green


Syarat- syarat berdirinya sebuah rumah jika diikuti pasti akan memenuhi syarat sebagai konsep rumah go green. Melihat dari fungsi rumah yang sangat fital bagi hidup dan kehidupan, maka sebenarnya konsep rumah sehat juga merupakan bagian dari go green.
Berikut Konsep Rumah Go Green:
Meminimalisir penggunaan AC. dalam konsep ini jelas penggunaan ventilasi sebagai asupan udara sangatlah urgen. dan pemanfaatan tanaman yang berfungsi sebagai pembawa oksigen yang berlimpah terutama di siang hari.

Sumber Gambar : http://www.desainrumahmodern.net
Pemanfaatan Tanaman.
Tanaman sebagai ciri warna hijau dari daunnya, tidak hanya itu saja karena tanaman dalam bentuk area tersendiri dapat berfungsi sebagai area resapan tanah. Sebagai fungsi untuk kestabilan air tanah karena adanya area resapan.
Pemanfaatan Sekat ruangan yang tidak Masif/ Penggunaan Sketsel/ Istilah dinding bernafas.
Pemanfaatan pembatas ruangan dalam bentuk ini misalnya menggunakan sketsel untuk pemisah ruangan. Atau penggunaan loster/ lobang angin.
Penggunaan Ventilasi yang berhadapan.
Aliran angin/udara adalah cenderung mengalir lurus/ yang baik. jika terdapat pemampatan aliran angin palahan bisa menjadi tidak sehat. Sehingga sebisa mungkin aliran udara adalah tersirkulasi dengan baik, yaitu adanya ventilasi yang berseberangan.
Atap yang digunakan.
Pemakaian atap/genting yang terbuat dari tanah akan lebih efektif dan efisien terhadap pertukaran kelembaban udara di dalam ruangan. Karena sifat tanah yang meredam panas pada siang hari dan pada malam hari melepaskan panasnya sehingga jika siang terasa sejuk dan pada malam hari hangat.
Ketinggian Dinding.
Sebagai konsep rumah yang go green sudah pasti bahwa keadaan di dalam ruangan harus terasa lapang walaupun ukuran yang tidak begitu besar.hal ini bisa disiasati dengan menambah tinggi dinding sehingga sirkulasi udara bertambah.
Pencahayaan Alami di siang hari.
Sudah pasti bahwa sinar matahari merupakan cahaya yang sangat ideal, walaupun penggunaan sinar dari lampu sudah pasti bahwa terasa pengap pasti ada jika dibandingkan menggunaan cahaya langsung dari matahari.


Share this article now on :

Post a Comment