Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Konsep Rumah Klasik Nan Modern


Konsep rumah klasik yang modern masih kental dengan gaya arsitektur kolonial. Perpaduan antara rumah klasik dan rumah modern akan menjadikan rumah nampak klasik modern, konsep seperti ini malah justru memberi nuansa yang berbeda terhadap rumah anda bila dibandingkan rumah modern yang cenderung minimalis. 
Dari desain denah nampak sebuah sistem yang sesuai kaidah etika, dapur ada di belakang. Interior rumah modern yang klasik dan lebih mengandalkan warna netral terutama warna putih, pada warna putih inilah menjadikan konsep ini menjadi enak di pandang mata sebab pada konsep minimalis ataupun klasik ini sama-sama mengandalkan sebuah warna yang sebagai ciri khasnya. 
Paduan tampak depan rumah ini yang menggunakan teras bentuk atap limas, membuat konsep rumah ini namapak klasik tahun 80an. Dimana pada tahun ini jenis teras seperti ini sangat menjamur. Sebagai sebuah trend rumah saat itu. 
Perpaduan jendela yang memanjang dan kanan kiri terdapat krepak lobang angin makin mengesankan perpaduan klasik modern dari rancangan gambar diatas.

Beberapa rumah di bawah ini adalah contoh otentik dari gaya rumah klasik Eropa tersebut atau yang sangat dipengaruhi olehnya. Semuanya unik, namun mengikuti prinsip khas ekspresi arsitektur berikut ini.

1. Model rumah early classical revival
Contoh modern yang otentik dari model rumah awal kebangkitan model rumah klasik (early classical revival) ini mencakup teras bertingkat dua dominan yang didukung oleh kolom-kolom Tuscan dengan balkon lantai dua dan langkan yang menyatu ke dalam kolom dan detail cornice yang sangat rumit. Kaitan dengan kuil Yunani dan Romawi dan monumen lainnya yang bertahan selama berabad-abad sudah jelas. Kolom-kolom yang tinggi sebagai penanda era jaman pertama ini. Simetri dan proporsi serta komposisi berulang melalui bukaan jendela dan pintu. Selain itu, ornamen adalah kuncinya.

Model rumah early classical revival Hightstown karya George F. Barber [Sumber: oldhousedreams.com]

Elemen kunci

  • Kolom tinggi dan pedimen. Model kuil kuno Yunani, dengan deretan kolom yang tinggi dan pedimen, bagian depan berbentuk segitiga yang berada di bawah atap, merupakan dua karakteristik yang paling khas dari gaya desain rumah bersejarah ini. 
  • Teras bertingkat dua. Teras-teras dominan ini didukung oleh kolom-kolom Tuscan dengan balkon lantai dua dan langkan yang menyatu ke dalam kolom. 
  • Simetri dan proporsi. Komposisi berulang, namun tetap simetris melalui bukaan jendela dan pintu, serta ornamen. 
  • Molding. Lebih rumit dan berani, molding terdapat di sepanjang interior dan eksterior rumah, merupakan karakteristik model rumah klasik mewah early classical revival. 
  • Detail ornamen. Model rumah klasik mewah bisa menambahkan detail lebih rumit seperti pada cornice. 

Di beberapa rumah modern ini kita bisa melihat ekspresi model rumah early classical revival, terutama dalam rencana majemuk. Proporsi dan komposisi berulang melalui bukaan jendela dan pintu, ornamen seluruhnya simetris, dan seimbang pada bentuk yang lebih rumit.
Share this article now on :

Post a Comment