Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Menentukan Kemiringan Atap

Pemanfaatan atau penggunaan atap rumah sangatlah penting. Setiap penggunaan jenis atap yang dipakai juga memiliki kriteria yang berbeda terutama pada kemiringannya. Jenis atap yang biasa dipakai dikategorikan dalam 3 yaitu genteng, seng dan bentuk dak/cor. Sudah pasti bahwa pemanfaatan ketiga jenis bahan atap akan berbeda pada jenis konstruksinya terutama pada kemiringan atapnya. 

Kemiringan Atap Genteng 
Minimal kemiringanya adalah 30 derajat, rata-rata dibuat dengan kemiringan 35 derajat. Jika lebih landai dari itu maka diperlukan atap tambahan dibawahnya, misalnya dengan memasang plastic tebal. Atau jika dibuat lebih tegak dari itu maka diperlukan perkuatan pada setiap genteng, contohnya dengan cara memasang sambungan pada paku dan reng. Atau sesuaikan dengan rumus dibawah ini.

Rumus yang dipakai adalah tangen y/x 

Atau langsung gunakan 1/3bentang


Kemiringan Atap Seng
Bisa dipasang lebih landai dari genteng, yaitu minimal sudutnya 10 derajat, karena ukuranya yang lebar dan sambungan cukup bagus jadi tidak rawan terjadi kebocoran meskipun dibuat landai. 

Kemiringan Atap dak cor beton
Untuk jenis ini tidak perlu kemiringan, atau bisa dibuat 0 derajat. Namun jika mau membuat miring juga tidak jadi masalah, misalnya dengan tujuan menyesuaikan bentuk arsitektur rumah terindah. Agar tidak mengalami kebocoran ketika hujan turun maka diperlukan pelapisan dengan bahan waterproofing sehingga air tidak bisa tembus kedalam rumah tinggal.
Share this article now on :

Post a Comment