Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Menggabungkan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Pemanfaatan ruang sebuah rumah perlu perencanaan.Untuk rumah yang lahannya luas tentu tidak ada masalah.Permasalahan muncul jika lahan sempit.Salah satu solusi untuk mendapatkan ruang lainya adalah dengan menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga.
Dengan menyatukan beberapa ruang menjadi satu akan terlihat ruang tersebut lebih lapang atau luas. Untuk memisahkan dapat disiasati dengan meletakan bufet atau sketsel.
Pada dasarnya tujuan membuat sekat pada ruangan adalah untuk memisahkan dua aktivitas atau fungsi yang berbeda. Namun, supaya pemisahan itu tidak begitu terasa, bisa diakali dengan sekat atau partisi ruangan yang transparan. Perlu diketahui bahwa sekat transparan sendiri memiliki beberapa alternatif pada penerapannya. 
Misalnya; partisi rak buku dengan membuat jarak antar rak yang cukup besar dan dapat diakses dari dua arah, atau sebuah papan menggantung secara horisontal. Ide menarik lainnya seperti rak dengan lubang bukaan di kedua sisi sehingga dapat digunakan untuk dua ruang yang berbatasan. Terakhir, dengan pemakaian kaca dengan kusen tipis agar kesan transparan terlihat jelas. Dengan penggunaan sekat transparan ini cukup menjadi pertanda transisi antar ruang yang cukup sederhana namun sekaligus mempertegas zonasi ruang yang berbeda.
Ruang yang berada dalam satu level ketinggian dapat menciptakan transisi ruang yang lebih senada dan natural. Permainan motif dan perbedaan ketinggian lagit-langit menjadi kreasi yang tepat untuk membuat ruang tetap terbuka luas dengan karakter setiap ruang yang berbeda. Ruang dengan ketinggian langit-langit yang dibuat cukup tinggi memberikan kesan ruang terbuka dan nyaman jika digunakan oleh banyak orang, dan sebaliknya. Suasana yang ingin diterapkan di suatu ruang dapat dilakukan dengan permainan tinggi langit-langit.


menyiasati Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Share this article now on :

Post a Comment