Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Organisasi Ruang


Pengertian Ruang dan Ruangan
Dilihat dari sudu pandang umum, ruang merupakan bagian dari semesta yang memiliki dimensi 3 (panjang, lebar dan tinggi) dan dapat dihuni oleh bagian terkecil suatu benda (atom). Dari segi Arsitektur, ruang merpakan bagian tiga dimensi (memiliki panjang, lebar dan tinggi) dibatasi oleh elemen penyusun bawah, samping dan atas sebagai pembatas keluar/masuk ruangan tersebut. Ruang berbeda dengan ruangan, ruangan hanyalah dalam konteks ruang dalam, sedangkan ruang meliputi inerior dan eksteriosnya.
Organisasi Ruang berfungsi untuk memahami bagaimana terjadi hubungan antar ruangan

Dari kebutuhan ruangan yang ada,pengorganisasian ruangan dapat dilakukan dengan membuat studi :
1. Zoning ruang
2. Grouping
3. Sirkulasi

Dengan menganalisa Denah

Korelasi/Hubungan Ruang
Suatu bangunan yang memiliki ruang, apabila ditempati atau dihuni maka akan terjadi suatu hubungan timbal balik antara ruang dengan penghuni tersebut. Dalam konteks ini tidak hanya manusia saja yang disebut penghuni ruang, tetapi juga makhluk hidup lainnya yang menempati ruangan tersebut..
Namun dalam konteks manusia dan arsitektur, manusialah yang memiliki paling banyak macam korelasi dengan ruangan karena memiliki cipta rasa dan karsa.Hubungan tersebut dibagi menjadi hubungan secara fisik maupun non fisik (psikis) ruang. Dalam hal ini arsitek memiliki peran untuk menjembatani antara ruang dengan penghuninya agar terjadi hubungan timbal balik yang harmonis.



Jenis Hubungan Ruang
Gouping
Merupakan pembagian zoning ruang berdasarkan kelompok-kelompok aktivitas penghuninya secara individu (sudah spesifik). Area tidur,area belajar, area mennton tv,area berhias,area memasak dll.

Sirkulasi
Pada studi ini difungsikan untuk menentukan perletakan pintu, jendela dan boven.
macam sirkulasi : Sirkulasi manusia,sirkulasi udara,sirkulasi air,sirkulasi cahaya, sirkulasi listrik dan telepon.

Disarikan dari beberapa Sumber.
Share this article now on :

Post a Comment