Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Gerakan Dirumah Aja



Kebijakan yang populer di tengah masyarakat dengan gerakan di rumah saja atau #dirumahaja ini dinilai mempererat hubungan anak dan orang tua. "Stay at home yang ada saat ini, merupakan kesempatan bagi keluarga bisa bersama kembali. Orang tua dan anak dapat membuat kegiatan bersama yang mempererat hubungan. Misalnya, makan dan beribadah bersama

Bukan tanpa alasan penetapan gerakan di rumah aja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan masa inkubasi virus korona berkisar 2-14 hari setelah terpapar. Masa inkubasi yakni waktu antara terjadinya infeksi dan timbul gejala. Menerapkan gerakan #DiRumahAja untuk memutus rantai penularan wabah corona Covid-19 ini.

Sumber penular Covid-19 adalah carrier (pembawa) yang bisa berupa; pertama, orang sehat, yang belum ada gejala, ini disebut healthy carrier. Kedua, orang yang sakit, tentu ini industri virus level tinggi. Ketiga, orang yang baru sembuh, disebut convalesence carrier, mereka bisa menjadi sumber penular karena dalam tubuhnya kemungkinan masih ada virus corona. Maka perlu sekali kemana-mana menggunakan masker.

Semua kegiatan dilakukan dirumah, mulai dari ibadah,kegiatan pekerjaan, menggunakan virtual, bai siswa kegiatan menggunakan pembelajaran daring (dalam jaringan).



Dari kajian sistem kesehatan di Indonesia, sistem layanan kesehatan mulai dari Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), serta Rumah Sakit (RS) sudah menunjukkan betapa sistem kesehatan kita sangat rapuh. Untuk itu perlu pembenahan yang serius mulai SDM, kefarmasian, teknologi, sistem informasi hingga penyiapan SDM kesehatan yang siap melacak dan mengontrol KLB. 

Dalam situasi saat ini, baru terasa, kesehatan bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan semua yang ada tak berarti. Segala yang kita miliki, harta dan sebagainya tak berdaya melawan jasad renik berupa virus corona. Menyerahkan perlindungan dari Covid-19 kepada masyarakat, itu artinya melepaskan kendali kontrol emergency ini kepada seseorang yang bukan ahlinya.


Share this article now on :

3 comments:

  1. Salam sehay jgn lupa pakai masker ya

    ReplyDelete
  2. apapun itu namanya, satu hal yang menurut saya menjadi kuncinya, PATUH. Sepanjang orang tidak patuh pada aturan, apalagi mencari celah ...

    ReplyDelete