Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tahapan Pembuatan Paving Block (Video)


Sumber gambar : https://sdunej.id/

Tahapan Pembuatan Paving Block

1. Persiapan
Dalam pembuatan paving atau pencetak paving maka ada beberapa pilihan jenis alat atau mesin yang harus anda pertimbangkan, umumnya ada yang dikenal dengan mesin otomatis dan manual sehingga tidak perlu mesin yang besar dan pengerjaannya masih dibantu oleh tenaga manusia.
Dalam persiapan kita hanya perlu menyediakan
pasir, semen dan air bisa juga water glass.

2. Bahan

Bahan baku paving block yang utama adalah :
· Pasir
· Semen
· Air/Water Glass

 3. Alat
Pembuatan paving Block bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara otomatis dan manual. Pembuatan secara otomatis dapat menghasilkan empat paving block dalam sekali pencetakan, kita akan cepat mendapatkan paving dalam waktu yang tidak terlalu lama, tenaga yang kita gunakan pun tidak terlalu banyak,dan pengerjaannya tidak terlalu sulit.


Sedangkan dalam pencetakan manual kita hanya dapat menghasilkan satu paving dalam sekali cetak dan tenaga yang kita gunakan pun cukup besar, karena dalam alat manual ini kualitas paving ditentukan dari kuatnya kita menekan tuas pada alat tersebut.


4. Cara Kerja
Berikut langkah-langkah atau prosedur pembuatan paving blok dengan menggunakan alat otomatis: Saring pasir dengan menggunakan saringan Tentukan perbandingan campuran yang akan dipergunakan :
- 1:5 untuk Badan Paving
- 1:3 untuk Kepala Paving

Setelah bahan ditakar sesuai dengan perbandingan campuran, campur dan aduk sampai rata dalam keadaan lembab. Untuk pembuatan kepala paving pengadukan bahan digunakan dengan mengggunakan molen, dan untuk pengadukan badan paving bisa menggunakan cangkul atau sekop.
Masukkan bahan badan paving yang telah dicampur kedalam cetakan dengan dipadatkan oleh getaran, supaya ada ruang untuk pembentukan kepala dan kemudian cetakan dibalik dan diangkat secara perlahan-lahan.
Setelah tercetak, simpan paving ditempat yang teduh dan lembab. Setelah 24 jam, paving dilepas dari plat alasnya dan direndam dalam air selama 3 hari.
Selanjutnya paving diangin-anginkan dan diangkat selama 14 hari, setelah kering paving siap dipakai setelah umur 28 hari.

Berikut langkah-langkah atau prosedur pembuatan paving blok dengan menggunakan alat manual : Saring pasir dengan menggunakan saringan Tentukan perbandingan campuran yang akan dipergunakan
- 1:5 untuk Badan Paving
- 1:3 untuk Kepala Paving
Setelah bahan ditakar sesuai dengan perbandingan campuran, campur dan aduk sampai rata dalam keadaan lembab.
Untuk pembuatan kepala paving pengadukan bahan digunakan dengan mengggunakan molen, dan untuk pengadukan badan paving bisa menggunakan cangkul atau sekop.
· Masukkan bahan kepala paving yang telah dicampur kedalam cetakan kemudian setelah itu masukkan bahan badan, tutup cetakan dan kunci.
Tekan tuas alat sekuat mungkin, seperti halnya kita bermain jungkat-jungkit, setelah itu buka tutup cetakan kemudian angkat perlahan-lahan.
Setelah tercetak, simpan paving ditempat yang teduh dan lembab.
Setelah 24 jam, paving dilepas dari plat alasnya dan direndam dalam air selama 3 hari.
Selanjutnya paving diangin-anginkan dan diangkat selama 14 hari, setelah kering paving siap dipakai setelah umur 28 hari.


5. Hasil Akhir (Output) Pembentukan paving block banyak macamnya, ada yang berbentuk segi enam, persegi panjang dan sebagainya.


Share this article now on :

1 comment:

  1. Berapa takaran yang di butuhkan untuk membuat paving block?

    ReplyDelete