Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Perintah HATCH (Materi 5)

Fungsi :Untuk mengisi sebuah bidang tertutup dengan arsiran 

Command dengan menubar :Klik menubar Draw, pilih Hatch 
Command dengan toolbar :Klik icon pada toolbar Draw 
Command dengan keyboard :Ketik “H” atau “BH” kemudian tekan tombol enter 
Icon Hatch


Cara Kerja : 
 Buatlah sebuah dua buah objek dengan ukuran sembarang. Objek pertama berbentuk polygon dan objek kedua terdiri dari empat garis-garis yang saling berpotongan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :




 Aktifkan perintah Hatch dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. Maka di display akan muncul jendela Hatch & Gradient seperti gambar di bawah ini


Keterangan : 
1. Type and Pattern, merupakan tempat kita untuk memilih jenis arsiran yang akan dipakai. Untuk memilih jenis arsiran yang diinginkan, klik kotak yang berada di sebelah kanan Swatch.


2. Angle and Scale, merupakan tempat kita untuk mengatur skala dan sudut kemiringan arsiran yang akan kita gunakan. 
3. Boundaries, merupakan tempat kita untuk memilih metode penyeleksian objek yang akan kita isi dengan arsiran. 
Ada dua metode penyeleksian objek, yaitu : 

Add: Pick Point, Metode penyeleksian dengan cara mengklik di dalam objek yang akan kita beri arsiran, dapat dilakukan pada semua objek yang dibuat dengan toolbar Draw dan objek tersebut tertutup bidangnya. 

 Add: Select Object, Metode penyeleksian dengan cara mengklik garis objek yang akan kita beri arsiran, hanya dapat dilakukan pada objek polygon (rectangle, circle, ellipse, polyline, polygon). 


4. Hatch Origin, merupakan tempat dimana kita mengatur titik awal dari arsiran yang akan dibuat. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
5. Options, merupakan tempat dimana kita mengatur tata letak dari arsiran yang akan dibuat. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
6. Menu tambahan, merupakan tempat dimana kita mengatur letak dari arsiran yang akan dibuat terhadap objek yang ada di dalam objek yang akan kita arsir. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
7. Icon ,berfungsi untuk menyembunyikan atau memunculkan menu tambahan. 

 Setelah perintah Hatch diaktifkan, atur settingan dari jenis arsiran yang akan dipakai, skala arsiran dan sudut arsiran (jika perlu). Setelah itu, pilih metode penyeleksian objek yang akan dipakai (Pick Point atau Select Object). 
 Klik atau seleksi objek yang akan diarsir, setelah selesai tekan tombol enter, maka akan kembali ke jendela Hatch & Gradient. Setelah itu, klik icon Preview yang berada di pojok kiri bawah jendela Hatch & Gradient untuk melihat hasilnya. 
 Tekan Space Bar atau klik kanan mouse untuk kembali ke jendela Hatch & Gradient. Jika hasilnya menurut rekan-rekan kurang, atur lagi skala atau sudutnya, klik icon Preview lagi. Jika sudah sesuai, tekan Space Bar atau klik kanan mouse, setelah itu klik icon OK yang berada di pojok kanan bawah jendela Hatch & Gradient.

LATIHAN :
Untuk lebih memantapkan pemahaman rekan-rekan tentang perintah dasar toolbar Draw, buatlah latihan di bawah ini. Jangan lupa untuk menyimpan file latihan di folder rekan-rekan, karena akan digunakan untuk latihan pada bab selanjutnya. Ketentuan : manfaatkan perintah dasar toolbar Draw.

Hatch pada Denah

Share this article now on :

2 comments:

  1. NAMA:ADIT SETIAWAN
    KELAS:X DPIB 3
    NI ABS:02

    ReplyDelete
  2. Nama: Muhammad Akbar Bintang ANUGERAH REZA
    Kelas XI DPIB2
    Absen 19

    ReplyDelete