Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

My Channel in Youtube

My channel Youtube

Pembelajaran jarak jauh tentunya memiliki kelemahan dan kelebihan dalam pelaksanaannya. Demikian halnya dengan penggunaan virtual learning yang cukup berpotensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya memberikan peluang atau membuka kesempatan komunikasi antara peserta belajar, bahan belajar yang tidak terikat oleh ruang dan waktu (Hariani dan Wastuti, 2020). 
Keberadaan pembelajaran jarak jauh dapat menumbuhkan konsep baru dalam pembelajaran yang tidak perlu terikat oleh ruang dan waktu yang sama agar terwujud adanya keefektifan dan keefisienan pembelajaran. Adapun kelemahan pembelajaran jarak jauh yang menimbulkan banyak kontra di masyarakat adalah mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pengadaan dan pemeliharaan fasilitas belajar utamanya internet dan teknologi komputer atau gawai.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dengan basis virtual menjadi kebutuhan baru semenjak kebijakan social distencing diberlakukan. Padahal jika mengacu pada hasil survei Indonesian Digital Report (2020) kebutuhan internet di masa sebelum Covid-19 telah meningkat cukup tajam. Ajuran untuk melakukan kegiatan work from home semakin membuat lonjakan kebutuhan internet di Indonesia. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dan internet dalam masa pandemi menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat mengingat segala aktivitas masyarakat yang melibatkan interaksi secara fisik semakin dibatasi dengan ajuran untuk memanfaatkan sarana media sosial sebagai sarana intermediasi.

Thumbnail Youtube

Online content activities mendominasi pemanfaatan internet di tahun 2020. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indonesia Digital Report, We Are Social (2020) menunjukkan bahwa kegiatan menonton video online melalui saluran youtube menempati peringkat pertama sebagai media yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut disajikan hasil survei We Are Social 2020 tentang social media platforms yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Sebagai pengajar/guru penulis juga memanfaatkan media Youtube sebagai media untuk menyampaaikan kepada siswa terkait dengan tutorial menggambar menggunakan aplikasi. Interaksi yang dilakukan oleh siswa beragam. 
Komunikasi yang dibangun pertama adalah melalui chat Whatsapp sebagai media yang langsung bisa diakses siswa. Pemberian materinya. Ada beberapa kendala penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran yang diakses siswa, yng utama kendala sambungan internet berkaitan dengan sebagaian besar siswa hanya memiliki pulsa untuk chat.






Share this article now on :

Post a Comment