Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Capacity Building, Upgrade and Refresh Your Soul Up


Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, SMK Negeri 1 Bukateja melaksanakan kegiatan Capacity Building untuk Pendidik dan  Tenaga Kependidikan dengan tema “Upgrade and Refresh Your Soul Up”. Pelaksanaan  di Kaliurang dan Hotel The Grand Cabin Yogyakarta pada hari Selas dan Rabu (16-17/11/2021). 
Dalam kegiatan capacity building ini, peserta mendapatkan materi mengenai peningkatan kapasitas (capacity building) dan mempraktikannya dengan pembangunan karakter (character building) pada sesi  kegiatan outbond atau pola permainan untuk meningkatkan kapasitas kerja secara team work guru dan karyawan dalam menjalankan tugasnya. 
Sebelum pelaksanaan Outbond dilakukan pembekalan materi capacity Buildig di Hotel The Grand Cabin Hotel Yogyakarta. Kegiatan capacity building dilakukan untuk menjadi motivasi dalam diri dan meningkatkan hubungan kerja sama untuk menigkatkan budaya dan etos kerja sehingga dapat mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. 
Pengembangan karakter tentu agar individu, organisasi maupun juga sistem yang ada dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai visi-misi atau tujuan dari individu maupun organisasi tersebut. Sehingga upaya pengembangan kapasitas dapat dilakukan pada siapa saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhannya, dalam konteks pembangunan, dimana dikenal pembangunan yang berorientasi pada keberlanjutan. Siapapun dapat melaksanakan upaya pengembangan kapasitas kepada siapapun sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Pengembangan karakter Melalui Outbond

Outbond adalah program pelatihan manajemen yang dirancang untuk membangun jiwa kepemimpinan dan teamwork untuk individu-individu di dalam suatu organisasi atau perusahaan. (Kompasiana.com). Tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas diri dan peningkatan kemampuan bekerja secara kolektif karyawan. Lazimnya, Program outbound adalah program pelatihan dengan metode-metode permainan yang dilakukan di ruangan terbuka yang menuntuk kerjasama team.
Sebuah permainan yang menuntut konsentrasi secara individu misalkan mengurutkan angka dinama saat angka tertentu misalnya urutan angka tiga atau kelipatannya harus menyebutkan kata tertentu.
Ketika instruktur menyebutkan kata-kata tertentu maka peserta harus melakukan formasi sesuai dengan jumlah orang yang telah ditetapkan. Contoh ketika instruktu menyebutkan pada kalimatnya lampu lalu lintas, maka peserta harus bergabung dengan tiga 3 peserta. disinilah mental peduli terhadap teman dilatih. Jka ada yang mendapatkan kelompok apa yang kita lakukan? Sikap kita biasanya secara ego individu harus mendapatkan kelompok !!! Bagaimana menjadi orang yang peduli terhadap teman/pegawai yang lain yang tidak mendapatkan kelompok? dan kegiatan permainan lainya yang  menggambar kerjasama team dan konsentrasi individu. 

Formasi Permainan Outbond yang Menuntut Memiliki Peluang Tanpa Merugikan orang lain

Banyak sekali wahana outbond yang ditawarkan oleh EO yang biasanya menu satu paket dengan tour dengan wahana-wahana permainan untuk outbound dan team building dalam bentuk permanen. 
Banyak pelajaran yang didapatkan dari kegiatan ini. Dengan kerja keras yang dilakukan secara solid, solid, sinergi, dan berkesinambungan, maka kekompakan tim yang baik akan didapatkan.Muara adalah peningkatan kinerja !!!
Share this article now on :

Post a Comment