Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

SISTER, Sistem Informasi Terpadu Skansika

Login SISTER

Perkembangan teknologi informasi memang diakui begitu pesat, hampir dua tahun bahkan setahun sekali terjadi perubahan atau penambahan sistem dan teknologi informasi. Tujuan pendidikan yang efektif dan efisien adalah tujuan yang bersifat jelas, mengunakan bahasa-bahasa operasional agar mudah dipahami, penyusunan program harus menyeluruh dan saling bersinergi dengan program yang lain sehingga saling memberi manfaat yang positif. 
Manajemen sekolah merupakan faktor penting dalam melaksanakan suatu pendidikan dan pengajaran di sekolah dengan mengukur suatu keberhasilan dari prestasi yang diperoleh siswa. Sekolah sebagai organisasi dalam pengembangan dan pencapaian tujuan harus mengacu pada pedoman dan arah pengembangan pendidikan. Sistem informasi manajemen sekolah yang dapat diakses oleh semua orang melalui PC,smart phone memberikan ide untuk membuat aplikasi sistem informasi manajemen sekolah yang dapat memberikan informasi tentang program kegiatan sekolah untuk guru, siswa dan orang tua siswa yang pada akhirnya sistem informasi manajemen tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen sekolah. 
Penyediaan sebuah situs diharapkan bisa membantu orang tua siswa mendapatkan informasi akademik dan perkembangan anaknya secara psikologis. Sehingga diharapkan tidak hanya untuk membantu memudahkan orang tua siswa tapi juga untuk meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri. (Setyanto et al., 2018). Orang tua akan lebih mudah dalam memantau perkembangan anak dan komunikasi dengan pihak sekolah melalui sistem informasi ini. Sistem informasi akan dirancang sesederhana mungkin sehingga memudahkan pengguna dan secara real time, artinya dapat diakses kapan saja dan terdapat notifikasi yang bisa langsung diketahui oleh pengguna. 
SMK Negeri 1 Bukateja melakukan upaya integrasi data, kegiatan lintas sektoral; Kepegawaian, penilaian, ketenagaan, kesiswaan, Manajemen dan lain-lain. Pengembangan yang dilakukan adalah melalui aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sekolah Terpadu). Pada semester Gasal taun Pelajaran 2022/2023 telah terupload dan digunakan aplikasi E-Raport. Alhamdulillah dapat digunakan dengan lancar meskipun terdapat beberapa permasalahan, misalnya untuk update setelah ada revisi nilai, Tujuan pembelajaran. Fitur yang ada pada SISTER : 
1. Data Kepegawaian 
2. Buku Induk 
3. E-Raport 
4. Presensi Siswa menggunakan Android (Face) 
5. Kesiswaan 
6. Perpustakaan digital 
7. Ulangan Online 
8. Pembelajaran Digital 
9. Jadwal Mata Pelajaran 
10.Dan Lain-lain (Dikembangkan sesuai dengan Kebutuhan) 
Penggunaan sistem atau teknologi informasi dapat dijadikan sebagai salah satu komponen peningkatan mutu di sekolah. Hal ini terkait pada peningkatan kualitas akademik sebuah strategi unggul untuk mencapai keunggulan kompetitif sehingga sekolah dapat bersaing dengan sekolah yang lain dalam kancah pendidikan diera global. Kesuksesan sistem informasi merupakan suatu tingkat di mana sistem informasi mampu memberikan konstribusi pada organisasi dalam pencapaian tujuannya.
Share this article now on :

Post a Comment