Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Metode Pembelajaran Gallery Walk


Metode Gallery walk (pameran berjalan) atau disebut juga galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari. Metode ini memiliki tujuan, yaitu untuk membangun kerjasama kelompok (Cooperative learning) dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar (Ismail.2011).

Metode gallery walk merupakan bagian dari strategi pembelajaran yang ada pada model pembelajaran berbasis PAIKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).4 Metode gallery walk adalah model pembelajaran yang kegiatannya diikuti oleh beberapa kelompok untuk diskusi menyelesaikan tugas bersama-sama kemudian dipamerkan sambil berjalan kepada kelompok lain.
Metode atau strategi diskusi merupakan cara mengajar dalam pembahasan pertanyaan yang harus diselesaikan berdasarkan pendapat atau keputusan secara bersama. Dalam metode ini memiliki karakteristik pengalaman belajar (learning experience):
a. Bahan pelajaran dengan topik permasalahan /persoalan
b. Adanya pembentukan kelompok
c. Ada yang mengatur pembicaraan
d. Aktivitas siswa berpendapat
e. Mengarah pada suatu kesimpulan/pendapat bersama
f. Guru berperan sebagai pembimbing/motivator
g. Siswa sebagai objek dan subjek dalam pembelajaran
h. Melatih sistematika logika berfikir


Tujuan metode gallery walk adalah untuk membangun kerjasama kelompok (Cooperatif Learning) dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar. Metode ini juga dapat digunakan sebagai strategi belajar mandiri dengan cara membuat catatan-catatan yang mungkin dianggapnya belum tahu menjadi tahu, dan dapat berupa tulisansoal dan jawaban yang dapat digunakan sebagai bahan belajar. Sedangkan tujuan penerapan strategi ini untuk membangun kerjasama kelompok dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar.
Share this article now on :

2 comments:

  1. Subhanallah, sangat inspiratif. Senang bisa berkunjung. Terima kasih

    ReplyDelete