Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Belajar Blogger



Biasa menggunakan wordpress sekarang mencoba dengan blogger.....belajar.Makin enjoy menggunakan blogspot.Semoga makin menambah pengetahuan saya terhadap dunia blog.Saya menggunakannya (blog) untuk media pembelajaran pengin sekali memiliki blog seperti punyanya Mas Mr Mung yang hebat itu atau blog Bapak/Ibu Guru yang menjuarai lomba2 dan lain-lain. Oya mohon masukan dan komentar untuk blog ini.

Fitur-fitur yang dimiliki blogger ini sangat variatif. Semua fitur yang disediakan Blogger ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu karena Blogger berupaya untuk membuat platform layanan yang easy to use bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada Blogger. 

Template Designer 
Buka tab “Templat” dan tekan tombol Kustomisasi. Dari sana, pengguna dapat menyesuaikan hampir setiap tool template yang sebelumnya sudah diinstal. Pengguna dapat mengubah lebar kolom utama dan bilah sisi, menyesuaikan gambar latar belakang, dan bahkan memindahkan berbagai elemen blog (header, footer, sidebars). Tab Tingkat Lanjut memungkinkan pengguna menyesuaikan font, ukuran, dan warna setiap elemen blog terakhir, dari tautan ke tajuk utama, poskan teks, dan semua yang ada di antaranya. 

Earning Tabs 
Fitur ini mungkin fitur yang paling disukai bagi semua blogger yang ingin mencari penghasilan lewat karya yang mereka unggah. Dari halaman admin Blogger, pengguna akan menemukan tab di sebelah kiri yang disebut “Penghasilan.” Ini memungkinkan pengguna menautkan blog ke akun Google AdSense. AdSense secara otomatis mendeteksi isi pokok posting blog dan menampilkan iklan yang relevan kepada pembaca, agar mereka kemudian dapat memperoleh uang (biasanya beberapa sen) per klik atau tayangan iklan. 

Stats Tab 
Fitur stats ini sangat wajib diketahui bagi para blogger karena lewat fitur ini para pengguna bisa tahu tentang para pembaca yang membaca postingan yang mereka unggah. Blogger membuat fitur ini sangat mudah untuk ditemukan. Pengguna Blogger tidak perlu memasang kode pelacakan atau plugin apa pun. Cukup buka tab “Stats” dan Pengguna akan melihat berapa banyak tampilan halaman yang mereka miliki hari ini, kemarin, di bulan lalu, dan sejak blog dibuat. Anda juga dapat memeriksa lalu lintas per pos, dan dari mana trafik para pengunjung blog berasal. 

Blogger Buzz 
Blogger Buzz hanyalah sebuah blog tentang Blogger yang mungkin terlihat agak terlalu meta, tetapi sebenarnya sangat berguna. Fitur ini diisi dengan posting dari orang-orang yang bekerja di balik layar Blogger yang menjelaskan cara menggunakan fitur Blogger, mengumumkan fitur-fitur baru saat tersedia, dan menawarkan tips tentang cara memaksimalkan blog yang dimiliki pengguna. 

Google Video 
Blogger terintegrasi dengan layanan Google lainnya, yang membuat menambahkan video ke posting blog Anda cukup mudah. Ada tombol video di bagian atas formulir “Buat posting baru”. Itu membuka kotak pilihan dengan beberapa opsi. Pengguna dapat mencari video di YouTube untuk ditanamkan di postingan, atau menambahkan video pengguna sendiri yang sudah di unggah ke YouTube. 

Blogging By Phone 
Apabila calon pengguna Blogger adalah seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi maka cocok sekali untuk menggunakan fitur yang satu ini. Fitur Blogging By Phone memungkinkan pengguna melakukan aktivitas blogging melalui smartphone mereka. Pengguna hanya perlu mengirim teks ke Blogger dan setelah itu akan mendapatkan kode registrasi yang dapat digunakan untuk membuat blog seluler baru, atau tautan ke blog Blogger yang sudah ada sebelumnya. Setelah terdaftar, pengguna dapat mengirim foto dan teks ke blog melalui pesan teks dan seluruh proses dan daftar perintah dapat ditemukan di Blogger on the Go. 

Team Blogging 
Menjaga blog terus diperbarui perlu kerja keras yang sangat tinggi. Jika pengguna melakukan pengelolaan sendir terhadap konten di situs Blogger mereka. Terdapat fitur yang terdapat di Blogger yang dapat dilakukan penggunanya untuk berkolaborasi dengan tim yang dimilikinya. Apabila pengguna dapat mengumpulkan tim blogger, blog tidak hanya akan memiliki lebih banyak konten, tetapi pengguna akan mendapat manfaat dari beragam ide dan gaya penulisan.Caranya adalah dengan blog harus dibuat oleh satu orang di bawah akun Google utama. Lalu, buka tab “Pengaturan” dan subtab “Dasar”. Di bawah Izin adalah opsi untuk Menambahkan Penulis. Tambahkan penulis dengan memasukkan alamat email yang harus memiliki akun Google agar ini berfungsi, tetapi jika tidak, undangannya akan memungkinkan 

Blogger Widgets 
Widgets adalah semacam skrip yang bisa dimasukkan ke dalam blog seorang pengguna blogger. Widgets ini dapat memberikan sebuah fungsionalitas tambahan. Pengguna dapat menambahkannya melalui tab yang berada di Blogger yaitu tab Layout. Pada bagian tertentu pengguna dapat menemui beberapa opsi seperti opsi “add a gadget”. Gadget sendiri diistilahkan sebagai widget in housenya Google. Gadget ini memiliki manfaat yang begitu banyak seperti menampilkan blog populer yang dimiliki pengguna, postingan terbaru dari media sosial Twitter pengguna, dan bahkan menerjemahkan tulisan ke bahasa lain. 

Picasa Web Albums 
Picasa dikenal sebagai sebuah halaman berbagi foto yang dimiliki oleh Google. Tentunya Picasa ini tertaut terhadap akun Blogger pengguna. Jadi setiap foto yang diunggah pengguna di setiap postingan Blogger maka foto tersebut akan tersimpan otomatis dalam akun PIcasa milik pengguna.Begitu juga sebaliknya pengguna dapat menautkan foto yang ada di album Picasa mereka ke postingan Blogger yang dipunyainya.
Share this article now on :

Post a Comment