Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pentingnya Pemetaan Diklat Guru

Guru sebagai sebuah profesi berperan penting bagi sekolah dan suksesnya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Guru mengemban tugas multifungsi yang diemban guru yaitu sebagai pengajar (instructor), pembimbing(counsellor), ilmuwan (scientist), pribadi (person), penghubung (communicator), pembaharu (inovator) dan pembangun (constructor). Sederet peran tersebut menuntut guru untuk memiliki kompetensi profesional, kompetensi bid.pembelajaran, kompetensi sosial, kompetensi penilaian dan sebagainya.
Diklat merupakan ajang peningkatan kompetensi guru dalam bidang tertentu sesuai dengan materi pendidikan. Perencanaan dan pemetaan diklat yang sesuai dengan kebutuhan guru sangatlah diperlukan. Dengan pemenuhan kompetensi yang dibutuhkan guru tujuan diklat, peningkatan kompetensi akan tercapai.
Evaluasi terhadap pembelajaran yang dilakukan guru sangat penting sebagai usaha pemerintah dalam hal ini P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk menyelenggarakan diklat kompetensi yang sesuai. Saat ini yang terjadi adalah sebaliknya.Jika ada undangan Pelatihan misalnya tentang TIK maka yang diberangkatkan adalah mereka/guru yang telah mengerti dan familiar dengan TIK.Padahal tujuan diklat tentunya untuk meningkatkan kompetensi bagi guru yang kurang berkompeten.
Pada penulisan makalah berkaitan dengan tugas perkuliahan penulis, tugas untuk mengevaluasi sekolah yang dirasa masih kurang pada penilaian Evaluasi Diri Sekolah bersama LPMP Yogyakarta, penulis melontarkan sebuah gagasan tentang pemetaan guru yang tidak/belum memahami terkait dengan Teknologi Informasi. Bagi merekalah diklat ini seharusnya.
Berdasarkan survey penulis di salah satu SMP Negeri di daerah Prambanan, disini hampir semua ruangan telah dilengkapi dengan LCD proyektor. Hampir/ sebagian besar rusak karena tidak pernah dipergunakan oleh guru.

Share this article now on :

Post a Comment