Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Info Lengkap Pariwisata Banjarnegara

Secara georafis Kabupaten Banjarnegara berada tepat ditengah-tengah Pulau Jawa Baik dari Arah Utara-Selatan maupun dari Barat-Timur. Letak yang sangat strategis. Tetapi keberadaan Kabupaten Banjarnegara sedikit kurang dikenal dibandingkan dengan kabupaten sekitar yaitu sebelah timurnya adalah Kabupaten Wonosobo, Sebelah Barat Kabupaten Purbalingga, sebelah selatan Kabupaten Kebumen dan di sebelah utara adalah Kabupaten Pekalongan.
Ketika di suatu daerah saya memperkenalkan diri dari Banjarnegara, mereka sedikit mengerutkan dahinya...terus meluncur pertanyaan maaf Banjarnegara di daerah mana ya...?
Begitulah realitanya. Padahal Banjarnegara memiliki segudang tempat-tempat wisata baik alami maupun buatan baik alam maupun kuliner.
Kita lihat obyek wisata yang dimiliki Kab. Banjarnegara:

1. Dataran Tinggi Dieng

Obyek wisata di Banjarnegara Danau telaga warna Dieng

2. Arung Jeram Sungai Serayu Sungai
Serayu membelah Kota/ Kabupaten Banjarnegara, dari perbatasan wonosobo (Desa Tunggoro, Kecamatan Sigaluh) hingga Perbatasan dengan Purbalingga (Kecamatan Klampok). Sebagai kota sawah sesuai dengan artinya, Banjarnegara terdiri dari 2 kata yaitu Banjar yang berarti Sawah dan Negara yan berarti Kota, Banjarnegara tidak bisa dipisahkan dengan air/ sungai. Sehingga sejak jaman kolonial irigasi sudah dibangun dengan Serayu sebagai sungai induknya tentu contohnya Sifon (aliran bawah tanah), irigasi Singomerto dan Banjarcahyana dan Bendungan Panglima Besar Sudirman yang mengaliri sawah- sawah irigasi di 3 kota, Banjarnegara, Purbalingga dan Banyumas.


3. Kawah Candradimuka


4. Curug Sirawe
Bukit Sirawe masih berada di Dataran tinggi Dieng. Ini dijadikan sebagai pintu gerbang untuk bisa masuk ke Dieng dari arah sebelah utara. Jalananya berupa jalan setapak tanah dan berbatu. Anda juga harus membelah hutan dan menyusurinya sekitar 1 jam. Kalau anda berkunjung bersama rombongan dengan banyak orang, mungkin perjalanan anda tidak akan membosankan karena masih bisa bersenda gurau. Tetapi, kalaupun anda membawa peserta dua atau tiga orang saja, pengalaman anda pun tidak akan berkurang karena anda akan bisa menikmati suasana alam yang hijau dipadu dengan semak belukar khas perbukitan.

5. Curug Pitu
Terletak di Desa Karangmangu Kec. Sigaluh. Untuk sampai kesana bisa langsung dengan menggunakan mobil dan tersedia pula ojek. Dari jalan raya Banjarnegara Wonosobo. Di sepanjang jalan juga disuguhi agrowisata tanaman Salah Pondoh.Kecamatan Sigaluh termasuk salah satu sentra Tanaman Salak Pondoh.

Sumber dasborpariwisata


6. Komplek Candi Dieng


7. Bendungan Panglima Jendral Sudirman (Mrica)

8. Kebun Binatang Seruling Mas


Share this article now on :

Post a comment