Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Dapur, Kini dan Dahulu Sebuah Pergeseran Fungsi?


Dapur di era tahun 80 an masih banyak yang menggunakan kompor minyak tanah sebagai fungsi untuk memasak. Apalagi di pedesaan banyak yang memakai kayu bakar sebagai sumber energi untuk memasak. Sudah dapat kita bayangkan bagaimana keadaan dapur tersebut? Penuh dengan asap dan bercak hitam bekas jelaga atau asap. Sehingga menyebabkan keberadaan dapur seolah disembunyikan. Letak dapur berada di zona tersendiri.
Di era tahun 90 an kita melihat gencar-gencarnya pemerintah melakukan program konversi minyak tanah ke gas. Keberadaan dapur menjadi lebih bersih karena penggunaan gas. Gas relatif tidak menimbulkan bercak asap.
Desain Dapur Modern (Sumber: Gambar Desain Rumah)
Di era tahun sekarang kita lihat keberadaan dapur yang demikian modern lengkap dengan satu kithen set. Di dapur nampak kita lihat adanya penyedot asap (cookerhood), pencuci piring (sishwasher), microwave, bak cuci piring (sink), kulkas, oven. penambaha peralatan sebagai isi dapur menjadikan dapur bukan hanya untuk memasak.
Penggunaan peralatan modern yang ada di dapur otomatis merubah keberadaan dapur yang semula disembunyikan sekarang ditonjolkan.Dan keberadaanya tidak lagi dibelakang, sekarang adanya konsep dapur bersih (pantri) menjadikan dapur lebih bergaya modern dengan sentuhan desain-desain yang modern dan nyaman.  
Dapur merupakan salah satu ruang pada hunian yang memiliki peranan penting pada suatu rumah. Berdasar kebiasaan orang Indonesia, umumnya kegiatan memasak di dapur memerlukan waktu sekitar 8 jam perhari sehingga dalam penggunaannya diperlukan kenyamanan dan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Fenomena yang terjadi saat ini banyak rumah perumahan yang melakukan perubahan pada desain dapur rumahnya.
Hal ini mengindikasikan belum terpenuhinya kebutuhan dan belum ada kesesuaian dengan pengguna.
Share this article now on :

Post a Comment