Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Buang Sampah Secara "Online"

Buang Sampah Secara Online!
BANK SAMPAH

Bank sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya. Bank Sampah telah dikembangkan dibeberapa kota. Sistem bank sampah akan menampung, memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan pendapatan dari menabung sampah. 

Bank Sampah Online? 

Sistem pembuangan sampah secara online itu mengadopsi metode bank sampah berbasis teknologi informasi (TI). Sistem bank sampah online itu diluncurkan untuk pertama kalinya di Kota Bekasi, Jumat (1/1), di Gang Gamprit, Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede. 
Pengelolaan keuangannya mengadopsi sistem lembaga keuangan profesional seperti di bank-bank konvensional pada umumnya. Pencatatan pengelolaan akan dilakukan melalui sistem online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran. Pencatatan keuangan seperti pengecekan saldo, transaksi antarsesama nasabah dapat dilakukan melalui aplikasi. 
Pengeloaan Bank Sampah ini pun menggunakan aplikasi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pinbuk (Lembaga Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil), saat ini dikembangkan dua buah aplikasi yakni aplikasi Bank Sampah Indonesia untuk pengelolaan manajemen Bank Sampah dan aplikasi bernama Vip Mobile untuk nasabahnya.

Sumber http://bobotoh.id/
Share this article now on :

Post a Comment