Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Kesan Pertama Pada Fasad Depan

Fasad Rumah Minimalis

Fasad depan sebuah rumah diharapkan dapat memberikan kesan pertama. Penampilan rumah jika dari fasad nya sudah menarik sudah dapat dipastikan penataan ruangnya menarik. Penampilan menarik sudah pasti didesain sedemikian rupa/ dengan perencanaan, berkaitan dengan cat, bentuk dan fungsi struktur pendukung.
Prinsip perancangan desain fasad juga perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Bentuk dan tampak depan rumah saat ini sudah semestinya menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia. Namun, hal ini tidak pula menjadi halangan dalam mengkreasikan desain yang lebih menarik dan artistik untuk tampak depan rumah.
Alternatif lain untuk membuat tampak depan rumah minimalis lebih menarik adalah dengan memainkan komposisi warna cat eksterior. Meski secara keseluruhan arsitekturnya terlihat simpel dan sederhana, warna cat merah yang diselipkan di antara warna netral berhasil membuat tampak depan rumah minimalis ini tampil lebih dinamis. Berada di wilayah tropis, rumah ini pun menerapkan tipe fasad dengan efek berlapis sehingga ruang-ruang di dalamnya dapat terlindungi dari radiasi matahari yang tinggi.


Contoh pada rumah kali ini karya dari Bapak Wajih Widada (Guru Bangunan SMKN Wonosobo).



Perencanaan yang cukup matang dari seorang empunya (kreator). Walau sangat sederhana tapi tampak elegan. Dengan pilihan warna kuning/orange yang cukup kontras menjadi terlihat lebih tegas.dipadukan dengan unsur hijau-hijauan dari tanaman sungguh nampak sebuah fasad rumah yang menampilakan yang elegan.
Hubungannya dengan ruangan...Bisa dilihat akan nampak tertata dengan apik.

Lantai 1

Lantai 2

Share this article now on :

Post a Comment