Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna 
Pada zaman era tahun 90 an kita sering mendengarkan istilah teknologi tepat guna. Sebuah teknologi yang penggunaannya tepat pada sasaran begitu kira-kira artinya. Yang pada intinya dapat digunakan untuk kepentingan yang paling mendasar yaitu peningkatan kesejahteraan.
Teknologi ini tentu harus ramah semuanya lingkungan, budaya, adat istiadat dan kondisi sosial ekonomi. Apalagi dalam kontek penerapan teknologi informasi tepat guna (TITG).



Dalam penerapan TITG perlu diperhatikan beberapa pertimbangan, antara lain :
(1) Pemilihan jenis dan tingkat teknologi berupa 
fitur-fitur yang akan diterapkan harus dilakukan oleh masyarakat pengguna dengan bantuan, bimbingan dan arahan dari ahli yang berkompeten
(2) Perlunya diperhatikan budaya masyarakat yang mencakup agama, adat, kebiasaan dan aspek sosial lainnya
(3) Perlunya pembagian tugas dalam penerapan teknologi di antara warga, baik berdasarkan tingkat pendidikan, kelompok umur ataupun antara pria dan wanita sesuai dengan kemampuan masing-masing kelompok.
(4) Perlunya diperhatikan kondisi lingkungan masyarakat, baik dalam sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, maupun dalam aspek fisik-teknis dan sosial ekonomi
(5) Perlunya diperhatikan ketersediaan sarana yang diperlukan dalam pengoperasian, perawatan dan perbaikan peralatan yang digunakan.
(6) Perlunya diperhatikan aspek keselamatan kerja bagi pelaksana, peralatan dan kelestarian lingkungan
( Sumber : repository.usu, diolah).


Teknologi Informasi Tepat Guna

Share this article now on :

Post a Comment