Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Asyiknya Bermain Elemen Struktur dengan Edmodo


Koran Jateng Pos, 02 Mei 2020

Kompetensi memahami Karakteristik Elemen Struktur adalah salah satu kompetensi dasar yang dimiliki oleh siswa Bidang Studi Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Materi pada kompetensi ini sebagian besar adalah pengetahuan yang bersifat hafalan. Penggunaan Media berbasis elearning sebagai alternatif untuk meningkatkan minat belajar. Dari data diketahui bahwa rata-rata siswa kurang termotivasi materi ini karena bersifat hafalan. 

Pengembangan bahan ajar e-learning Kompetensi Karakteristik Elemen Struktur dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan sumber belajar yang berkualitas. Hasil analisis materi menunjukkan bahwa dalam mempelajari Kompetensi Karakteristik Elemen Struktur membutuhkan media agar siswa dapat dengan mudah memahami bentuk visual dari elemen-elemen struktur. Hal ini disebabkan di dalam materi banyak terdapat konsep konkret yang membutuhkan media seperti gambar, animasi, dan video untuk menjelaskan agar siswa termotivasi. Atas dasar tersebut, diperlukan bahan ajar yang mampu memuat secara terintegrasi antara teks, gambar, animasi, dan video, yaitu bahan ajar e-learning.

Penelitian yang dilakukan oleh Rita Kurniawati (2014) mengatakan adanya efektifitas dalam pembelajaran dengan menggunakan media Edmodo pada Sekolah Menengah Kejuruan. Peran media pembelajaran menjadi semakin penting pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kompetensi-kompetensi yang terkait dengan keterampilan proses. Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar untuk menyampaikan materi agar pesan lebih mudah diterima dan menjadikan peserta didik lebih termotivasi dan aktif 

Penelitian yang dilakukan oleh Syaiful (2014) mengatakan bahwa pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media berbasis internet. Pembelajaran yang interaktif dan kondusif di dalam kelas akan lebih menimbulkan daya tarik bagi siswa dan lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, hal ini karena guru menggunakan media sebagai sarana penunjang pembelajaran.

Edmodo adalah program internet sebagai salah satu media social seperti halnya Facebook. Fitur-fitur yang cukup familier di Facebook juga terdapat di Edmodo ini. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi.

Program pembelajaran dengan kelas maya Edmodo, memungkinkan siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara mandiri, tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Penggunaan media akan menyadarkan siswa betapa banyak sumber sumber belajar yang dapat mereka manfaatkan dalam belajar. Perlu kita sadari bahwa alokasi waktu belajar di sekolah sangat terbatas, waktu terbanyak justru dihabiskan siswa di luar lingkungan sekolah. Media dapat menumbuhkan sikap positip siswa terhadap materi dan proses belajar.
Share this article now on :

1 comment: