Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Mandor Menjadi Penulis Buku Best Seller? Tembus Gramedia !

Sebelum menjadi penulis Amir Faisal menekuni berbagai bidang pekerjaan. Termasuk salah satunya adalah dibidang konstruksi. Beliau pernah menjadi Mandor untuk pekerjaan borongan Beliu sendiri. Ketertarikan pada dunia pendidikanlah yang kemudian Beliau banting setir menjadi seorang Penulis. Beliau berhasil menulis buku yang diterbitkan oleh Gramedia. Siapa dan apasih yang dilakukan oleh beliau simak pada video berikut ini:


Beliau berhasil menembus penerbit Gramedia dengan menulis buku pertama berjudul Menyiapkan Anak Jadi Juara di terbitkan oleh Gramedia ditulis oleh Seorang Mandor Proyek menjadi Best Seller. Dua bulan buku ini sudah cetakan kedua.
Sebagai seorang Pengusaha UKM. dan berubah-ubah menjadi pekerjaan dan terakhir menjadi Konsultan.Tidak berhubungan dengan dunia pendidikan dan menulis tetapi dapat menerbitkan 15 buku.

Gramedia adalah korporasi bisnis jadi orientasi adalah menjual dan pasar.Jadi jika bukutdk bisa dijual maka buku kita akan ditarik. Buku yang disukai pasar. Jika pengin diterbitkan oleh gramedia harus cari buku yang disukai pasar.
Untuk maksud ini, akan sangat membantu jika penulis tersebut mengetahui genre tulisannya. Apa gaya dan ritme menulisnya. Penulis harus tahu passion-nya. Misalnya, apakah si penulis menyukai buku cerita anak, novel, dan sebagainya. Jika telaha memahami hal itu, langkah berikut adalah mencari di gramedia buku-buku yang sesuai dengan genre penulis. Dari langkah ini, penulis akan menemukan gaya tulisan yang selama ini diterima oleh pasar buku, oleh para pembaca buku melalui Gramedia. 
Biasanya Gramedia membagikan kuisioner di toko Gramedia untuk mengetahui buku-buku yang laris dan yang ingin dibaca oleh para pecinta buku. Berdasarkan hasil kuisioner yang sudah diolah itu, mereka akan meminta penulis untuk menulis buku-buku seperti itu. Buku yang paling laris di Gramedia adalah novel. Selanjutnya yang bertemakan tentang travelling. Apalagi jika kedua tema itu digabung. Menyusul buku-buku komik. Komik sangat disukai oleh anak dan remaja. Artinya, pasar ini sangat luas karena jumlah anak dan remaja yang sangat banyak. Karena itu, jika seorang penulis berkolaborasi dengan seorang pelukis maka akan sangat baik dan menghasilkan karya yang menembus pasar. Posisi keempat buku terlaris adalah buku motivasi, dan kelima adalah marketing.
Diatas adalah salah satu Pemateri yang didatangkan oleh OMJAY pada Diklat Belajar menulis 2020. Materi yang sangat baik dan padat ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk lebih memperkaya pengetahuan peserta dan menjawab kebutuhan peserta. Berikut beberapa petikannya.
Share this article now on :

4 comments: