Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Masalah dan Keterbatasan, Sengatan Untuk Berinovasi


Maraton Diklat Belajar Menulis Bersama Omjay, 12 Mei 2020. Ibarat sebagai sebuah ajang perlombaan maka para pesertapun ada yang telah melakukan siasat simpan tenaga agar bisa samapai finish. Diklat ini bagi yang kurang termotivasi pasti akan merasa melelahkan. Sebuah perjuangan dari Omjay yang demikian semangatnya menghadirkan para Narasumber. Semua narasumber adalah orang-orang yang kompeten dibidangnya. 

Tidak kalah serunya diklat bersama Bapak guru yang memiliki semangat luar biasa. Mengajar dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang mengantarkan beliau terpecut motivasi, bukan sebuah kepasrahan dan melakukan hal-hal yang biasa. Arif Darmadiansah seakan tersengat oleh masalah dan keterbatasan yang menjadikan beliu melakukan inovasi-inovasi. Inovasi ini yang mengantarkan Beliau menjadi seorang yang bukan biasa-biasa saja.
    
Pak Arif yang merupakan guru Biologi asli Solo Alumni UNNES (Universitas Negeri Semarang) dan kini mengabdi di Alor, NTT, Prestasi yang dimiliki ibarat sebuah kawah aktif yang terus bergejolak dan terbentuk, makin menggunung: Juara II (2016) dan Juara I (2018) Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional. Pak Arif yang juga meraih Juara I Guru Dedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 mengungkapkan bahwa keputusannya mengikuti lomba Inobel pada tahun 2016 
Sengatan lebah keterbatasan dan permasalahan memunculkan semangat untuk berinovasi dengan ide atau gagasan. Wujud dari bakti dan darma agar pembelajaran lebih bermakna yaitu ingin membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan.

Kondisi keterbatasan ketiadaan listrik di lingkungan sekolah
Sebuah ide membuat media hologram digital proyektor dari barang bekas (Mika CD), Mikroskup daerah terpencil Bro ndak punya muncul ide untuk membuat miksroskup dengan box terbuat dari akrilik, Belum Listrik? ide dengan memanfaatkan baterai bekas power bank maka jadilah mikroskopnya.


Yang mengantarkan beliau menjadi sang Juara sebagai Guru yang menginspirasi bukan saja siswa tetapi juga menginspirasi guru-guru di linkungan Beliau mengajar.


Share this article now on :

3 comments: