Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Memahami Penggambaran AutoCAD Dengan System Koordinat

 Penggambaran dua dimensi pada program aplikasi AutoCAD dinyatakan dengan nilainilai penunjuk arah horizontal dan vertical.Arah horizontal diwakili oleh sumbu X,dan arah vertical diwakili oleh sumbu Y.Posisi suatu titik terhadap sumbu-sumbu X dan Y disebut dengan koordinat. Obyek dua dimensi dapat memiliki ketebalan tertentu,sehingga pada penggambaran obyek dua dimensi tidak tertutup kemungkinan tampilan yang dihasilkan menyerupai tampilan pada obyek tiga dimensi,walaupun demikian obyek dua dimensi yang memiliki ketebalan tidak dapat disebut obyek tiga dimensi. Ada bebrapa system koordinat yang merupakan dasar dari penggambaran dalam program aplikasi AutoCAD,antara lain adalah :

 Koordinat Kartesius (format : X,Y) 

Koordinat Kartesius adalah Koordinat yang diawali  oleh nilai (x,y) yang menunjukkan letak suatu titik koordinat terhadap titik koordinat (0,0) terhadap UCS aktif.


Koordinat Kartesius

  • Command: line (enter) atau klik toolbar icon line 
  • Specify first point: 300,300 (enter) 
  • Specify next point or [Undo]: 600,300 (enter) 
  • Specify next point or [Undo]: 600,600 (enter) 
  • Specify next point or [Close/Undo]: 300,600 (enter) 
  • Specify next point or [Close/Undo]: c 

Penulisan koordinat kartesius selalu mengacu pada titik koordinat (0,0) yang merupakan titik tolak penentu titik-titik koordinat yang lain


Koordinat Relatif 

(format: @X,Y) Koordinat Relatif adalah koordinat yang mengacu pada titik koordinat sebelumnya,sehingga nilai x dan y mewakili besar jarak antara suatu titik koordinat dengan titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu x dan y. Penulisan koordinat relatif pada penggambaran dalam AutoCAD yaitu (@x,y). @ : menunjukan bahwa nilai yang mengikutinya adalah jarak titik koordiant dari titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu-sumbu x dan y. X : adalah nilai untuk arah mendatar (searah sumbu X) dengan memasukkan nilai positif akan mengarah ke kanan dan apabila negative akan mengarah ke kiri.

, (Tanda koma): adalah nilai pemisah Y : adalah nilai untuk arah tegak (searah sumbu Y ) dengan memasukkan nilai positif akan mengarah ke atas dan apabila negative akan mengarah ke bawah

Koordinat Polar (format : @D<A)

Koordiant Polar adalah system koordinat pemakai yang digunakan untuk menentukan titik penempatan koordinat berikutnya dari titik saat ini,dengan memasukkan nilai jarak dan arah penempatan berdasarkan nilai sudut.

Penulisan koordinat polar pada penggambaran dalam AutoCAD yaitu @D<A @ : menunjukan bahwa nilai yang mengikutinya adalah jarak titik koordiant dari titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu-sumbu x dan y.

D : Distance / jarak / panjang dihitung dari titik terakhir

< : adalah tanda pemisah yang berfungsi untuk memisahkan nilai input jarak dengan nilai sudut. 

A : Angle / sudut dihitung dari sumbu X positif.Nilai sudut diberikan dalam satuan derajat.

Share this article now on :

Post a Comment