Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pintu 25 Masjid Nabawi

Pintu 25 Masjid Nabawi,Umroh Nopember 2017

Pintu nomor 25 merupakan pintu yang berada di sisi Utara, sama dengan pintu nomor 24 dan 26. Ketiga pintu tersebut diberi nama “Utsman Bin Affan Gate”. Utsman bin Affan merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW dan juga merupakan khalifah dengan masa kekuasaan terlama. Utsman dikenal sebagai pribadi yang lembut dan murah hati. Sumbangsihnya yang paling menonjol dan sangat melekat padanya adalah kedermawanan dalam memberikan harta. 
Alasan utama mengapa pintu Nomor 25 menjadi tempat favorit yaitu karna pintu tersebut merupakan gerbang masuk bagi para jamaah perempuan yang ingin mengunjungi Raudhah. Pintu 25 merupakan jalur yang termudah untuk masuk ke Raudhoh bagi wanita/Ibu-ibu/jamaah perempuan. Dari pintu (gate) 25 langsung lurus untuk menuju Raudhah. Sedangkan waktu kunjungannya terbagi tiga, yaitu setelah shalat Subuh hingga menjelang Zuhur, lalu ba’da Zuhur hingga Ashar, kemudian ba’da shalat Isya hingga hampir tengah malam.
Luas area ini hanya 144 meter persegi dengan ciri karpet hijau, berbeda dengan karpet lain yang berwarna merah di Masjid Nabawi. Dari salah satu hadist diketahui bahwa Raudhah yang berarti taman surga ini merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa. Itu sebabnya jemaah umroh dan haji berebut untuk bisa berdoa di tempat ini. 
Alasan kedua mengapa pintu Nomor 25 menjadi tempat favorit yaitu karna di dekat pintu ini, terdapat POS Petugas Masjid Nabawi. Tentunya bagi yang pertama kali datang ke Masjid Nabawi memudahkan para jamaah yang ingin meminta bantuan. Mengingat, mungkin ada sebagian dari kita yang baru pertama kali datang ke Tanah Suci, dan kemudian ia tertinggal dari kelompoknya, ataupun musibah-musibah lain, yang kita harapkan tidak akan pernah terjadi . 
Bagi Jamaah Pria juga tinggal kearah kanan pintu 24 masuk lurus langsung ke Raudhoh.
Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "Di antara kuburanku dan mimbarku terdapat taman (raudhah) di antara taman surga," (Al-Mu'jam Al-Ausath, Thabrani, 2/120). Status “Taman Surga” inilah yang menjadi motivasi jemaah berlomba untuk memperbanyak shalat dan berdoa. Luas area ini hanya 144 meter persegi dengan ciri karpet hijau, berbeda dengan karpet lain yang berwarna merah di Masjid Nabawi. Dari salah satu hadist diketahui bahwa Raudhah yang berarti taman surga ini merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa. Itu sebabnya jemaah umroh dan haji berebut untuk bisa berdoa di tempat ini.

Pintu dibuka bakda subuh hingga pukul 09.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Untuk siang hari, ba'da zuhur sampai pukul 15.30 WAS. Total jemaah perempuan mengantri lebih kurang selama dua jam.
Share this article now on :

Post a Comment