Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Select Object Pada Penggambaran AutoCAD

Select Object adalah perintah untuk melakukan pra pemilihan pada obyek,sehingga saat melakukan pengeditan (seperti copy,move,array,rotate,scale dan sebagainya).Dapat memanfaatkan pra pemilihan ini untuk memilih obyek. 

Command : select Select objects : (pilih obyek-obyek,lalu tekan enter) 

Pada saat anda ditanya “select Obyek “,bentuk crosshair berubah menjadi Pickbox.Apabila variable system HIGHLIGHT dalam keadaan aktif (0n).setiap obyek yang dipilih akan berubah menjadi bintik-bintik,disebut juga dengan tanda highlight.Berikut adalah metode yang dapat anda gunakan untuk memilih obyek. Ada beberapa cara:

 Pick point (Menunjuk Langsung) 

Dilakukan dengan mengklik langsung obyek yang ingin anda pilih. Hanya satu obyek yang akan terpilih dalam satu kali klik.Biasanya digunakan jika anda hanya ingin memilih satu atau sedikit obyek.


  Window 

Dilakukan dengan cara membuat jendela/kotak berdasarkan dua titik.Obyek yang seluruhnya masuk dalam kotak akan terpilih.Sedangkan obyek yang seluruhnya maupun sebagiannya berada di luar kotak,tidak ikut dipilih. 

Untuk menggunakan metode pemilihan ini anda dapat mengetik W pada pertanyaan “Select objects”.AutoCAD akan menanyakkan sudut pertama dan sudut kedua kotak Memilih titik pertama dari pojok atas sebelah kiri atau pojok atas sebelah kanan,kemudian titik kedua pojok bawah sebelah kanan atau pojok bawah sebelah kiri secara diagonal. (Gbr 3.8) 

  • Specify first corner : (klik titik pertama kotak) 
  • Specify opposite corner : (klik titik kedua kotak)
Pemilihan dengan metode window

 Crossing 
Dilakukan dengan cara membuat jendela/kotak.Obyek yang seluruhnya atau sebagiannya (meskipun hanya sebagaian kecil) berada dalam kotak akan ikut dipilih.Untuk menggunakan metode ini.Ketiklah C pada pertanyaan “Select object”,lalu klik dua titik pada sudut-sudut diagonal kotak.Pertanyaan yang muncul serupa dengan metode Window. Memilih titik pertama dari pojok bawah sebelah kiri atau pojok bawah sebelah kanan,kemudian titik kedua pojok atas sebelah kanan atau pojok atas sebelah kiri secara diagonal.
Pemilihan dengan metode Crossing

 All 

Metode ini akan memilih semua obyek dalam gambar.kecuali yang ada dalam lapisan yang sedang dibekukan (Frozen layer). 

 Fence 

Digunakan untuk memilih semua obyek yang dilewati atau dikenai oleh garis fence.AutoCAD akan menanyakan rute garis fence tersebut,sebagaimana anda membuat garis. 

  • First fence point : (klik titik pertama) 
  • Specify endpoint of line or [Undo] : (klik titik berikutnya) 

Pertanyaan terakhir di atas akan terus diulang sampai anda menekan tombol ENTER untuk mengakhiri garis fence.Pilihan Undo digunakan untuk membatalkan segmen terakhir.AutoCAD akan memilih obyek yang disentuh oleh garis fence.

 Pemilihan dengan metode Fence

 Previous 

Memilih obyek gambar yang terseleksi paling akhir dan telah mengalami proses,tidak berlaku pada perintah yang telah dibatalkan


Sumber: Materi Program Program Upskillings /Reskillings Guru Kejuruan SMK Berstandar Industri 2020

Share this article now on :

Post a Comment