Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

User Interface AutoCAD

Tampilan layar pada Aplikasi di komputer, akan lebih mudah memahami/mengenali perintah-perintah atau tool yang ada. Sehingga akan mudah menjalankan perintah-perintah yang ada di aplikasi tersebut. Demikian juga dalam mempelajari AutoCAD kita harus mengenal terlebih dahulu tampilan layarnya atau biasa dikenal dengan tampilan antar muka (User Interface). Berikut ini tampilan layar yang ada di Aplikasi AutoCAD.





Keterangan:

Application Menu Button
Komponen antarmuka pengguna yang lazim dalam Autocad.

Quick Access Toolbar :
Untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan pada Autocad sehingga menjadi lebih mudah dan cepat untuk menjalankan perintah tersebut. 

Menu Bar :
Menu bar berisi menu file hingga menu express, Dalam kondisi awal pemuatan autocad menu ini tidak aktif, untuk mengaktifkan gunakan langkah berikut; ·
 Klik anak panah pada quick acces toolbar · 
Pilih show menu bar 

Ribbon Tabs dan Panel :
adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu yang tersedia untuk program tertentu. Ribbon panel merupakan panel yang berisi toolbar dalam berbagai kategori. Seperti pada contoh di bawah ini ribbon panel pada autocad 2010 terdiri atas kategori panel Home, Insert, Annotate, parametric, View, Manage, Output, dan Express Tools. 
Dengan Panel ribbon anda akan lebih cepat dan effisien mengakses perintah selain dengan shortcut yang anda kuasai. Ribbon panel juga mempermudah mencari salah satu shortcut autocad 

ViewCube :
Viewcube merupakan salah satu fitur navigasi AutoCAD yang berfungsi untuk melakukan seleksi view dengan cepat ataupun memutar gambar tanpa perlu menggunakan perintah orbit. 

Graphics Cursor : 
Atau disebut Crosshair digunakan untuk mengontrol mouse untuk menunjuk titik, memilih objek serta menggambar objek. Selain itu juga sebagai tanda apakah perintah yang kita tulis aktif atau tidak.

Navigation Bar :
Bar navigasi adalah elemen antarmuka bagi pengguna tempat mengakses alat navigasi. 

Command Line :
Setiap perintah yang kita ketikkan pasti akan masuk ke dalam command line dan akan disimpan dalam sebuah command history window. Untuk memasukkan perintah dalam command line adalah dengan cara menulis perintah atau singkatannya kemudian diakhiri dengan menekan tombol enter. Kadang perintah dalam command line memiliki beberapa sub yang dapat kita pilih dengan mengetiknya di command line, jadi perhatikan command line dengan seksama. 

Additional Settings :
Status bar ini menampilkan drawing tools, navigator tools, quick view tool, dan annotation scaling. Selain itu juga terdapat pengaturan SNAP, POLAR, OSNAP, dan OTRACK.


Fungsi dan Setting Grid, Snap, Ortho dan Osnap. 
a. Grid Berfungsi untuk melihat pada area gambar, gambar standard selalu mengikuti object GRID. Perintah Cepat : Tekan tombol F7 ,untuk menonaktifkannya tekan kembali F7. 

b. Snap Yaitu perintah yang memungkinkan kursor mengunci Grid. Snap ini diperunakan unuk mengontrol agar object selalu mengenai grid. Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F9 untuk mengaktifkan snap dan Tekan kembali F9 untuk mennonaktifkan snap. 

c. Ortho Yang berfungsi sebagai perintah untuk membuat garis secara bebas atau garis tegak lurus. Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F8

d. Osnap Adalah perintah yang sangat vital, osnap ini di pergunakan untuk akurasi menggambar object. Untuk melakukan setting Osnap, ikuti langkah berikut : 
Ketik pada keyboad : ddosnap + Enter, Maka akan muncul gambar kotak dialog seperti dibawah ini:


Pada object snap pilih select All kemudian OK.
Share this article now on :

Post a Comment