Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Membuat Video Pembelajaran Tanpa Aplikasi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan media pendidikan, khususnya media video sudah merupakan tuntutan yang mendesak. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang kompleks. terdapat berbagai tujuan belajar yang sulit dicapai hanya dengan mengandalkan penjelasan guru. Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal diperlukan adanya pemanfaatan media, salah satunya media video.

Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk (Arsyad, 2004:36 dalam Rusman dkk 2011:218).Video merupakan media audio visual yang menampilkan gerak (Sadiman, 2008:74).

Begitu pentingnya Media Video dalam pembelajaran menuntut guru untuk dapat melakukan editing khusus Video. Beberapa aplikasi memang telah membuat dengan mudah dan simpel bagi guru agar bisa membuat video pembelajaran dengan sistem merekam layar. Seperti Faststone dan lainnya.

Pada pembahasan kali ini akan dibahas berkaitan dengan membuat video pembelajaran tanpa aplikasi, cukup hanya menekan 2 tombol.

Syarat yang utama adalah Windows yang digunakan adallah Windows 10. Jadi pada proses ini cukup menekan 2 tombol. Langkahnya adalah Tekan Secara Bersama Tombol Windows dan Huruf G.



Tekan tombol Windows logo+G. 



Klik menu Capture (ikon camera) dan akan muncul tab baru. 



Untuk mulai merekam layar laptop, klik tombol rekam (ikon titik besar). 
Untuk stop merekam klik tombol ikon kotak yang berwarna hijau. Selesai.
Share this article now on :

Post a Comment