Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Meraih Malam 1000 Bulan



Menurut sebagian besar ulama, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh di malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan malam Lailatul Qadar datang di malam-malam genap. Para ahli agama beserta sejumlah periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Abdullah Bin Umar, Abu Malik hingga Mujahid menyebutkan, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci di malam Lailatul Qadar.
Ibadah pada malam seribu bulan diawali shalat Isya, tarawih, membaca Alquran, tausiyah, Tahajud, sahur, dan diakhiri shalat Subuh. Memang Nabi SAW menyebutnya secara umum, “Barangsiapa beribadah pada Lailatul Qadar karena keimanan dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lampau diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang
  1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan 
  2. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? 
  3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 
  4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 
  5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS; Al Qadr)

Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran. Terjadinya malam Lailatur Qadr yang jelas pada bulan Ramadhan, menurut beberapa hadist terdapat pada malam 10 hari terakhir. Pada malam-malam ini Nabi Muhammad melakukan iktikaf di masjid.Jadi terjadinya bisa pada malam genap atau ganjil hanya Allah Yang Maha Tahu.
Tidak ada seorang pun yang mengetahui secara pasti kapan Lailatul Qadar turun. Sejumlah hadis pun hanya menyebutkan malam Lailatul Qadar jatuh di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Untuk itu, dianjurkan bagi orang muslim untuk meningkatkan ibadah dan amal saleh di waktu tersebut. Tujuannya agar tidak kehilangan malam Lailatul Qadar. 
  • Adapun tanda-tanda Lailatul Qadar malam seribu bulan adalah: 
  • Esok hari, matahari akan terbit dalam keadaan teduh, jernih dan seperti tidak ada sinar 
  • Sinar matahari pagi tidak begitu cerah, namun teduh serta menenangkan 
  • Udara tidak panas maupun dingin, tidak berawan dan tidak badai di malam Lailatul Qadar 
  • Keadaan menjadi sangat tenang, nyaman, dan umat Islam akan merasakan kenikmatan tersendiri saat beribadah dengan sungguh-sungguh. Hal ini lantaran malaikat turun ke Bumi.

Share this article now on :

Post a Comment