Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.3

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.3 
Oleh 
Sarastiana,SPd,MBA 
CGP Angkatan 6 Kab.Purbalingga 

MULAI DARI DIRI MODUL 3.3
28 /2/ 2023
CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.

EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.3
06 /03/ 2023
Eksplorasi Konsep 1: Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:1) Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid (students agency).2) Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.3)Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid. 4) Bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Eksplorasi Konsep 2: 1) CGP akan melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid.2) CGP akan menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi.
RUANG KOLABORASI MODUL 3.3
7 /3/ 2023
CGP akan bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid)

RUANG KOLABORASI PRESENTASI KELOMPOK
8/3/2023
Presntasi hasil diskkusi berkaitan dengan kasus yang disepakati berkaitan dengan kepemimpinan siswa. Diskusi dengan Peran 1. Host : Sarastiana, Presenter : Caroli Fika, Notulen : Wahyu, Penjawab : Anto K
     
DEMONTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3
9/3/2023
CGP akan membuat sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA

ELABORASI PEMAHAMAN MODUL 3.2
13/3/2023
CGP akan berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mereka terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Instruktur : Lestia Primayanti

KONEKSI ANTAR MATER
13/3/2023
CGP akan melakukan koneksi antar materi yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
PENDAMPINGAN INDIVIDU 5
17/3/2023
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran. Melakukan penilaian terhadap proses refleksi Calon Guru Penggerak berdasarkan rubrik pada lampiran. Mengisi Jurnal Pendampingan dalam LMS, mengisi daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.

LOKAKARYA 5
18/3/2023
Lokakarya 5 CGP Angkatan 6 Kab.Purbalingga dilaksanakan di SMA negeri 1 Padamara Kab.Purbalingga pada tanggal 18 Maret 2023.Pada kegiatan lokakarya ke 5 yaitu menjalankan tahapan inkuiri apresiasif (BAGJA)Yaitu merancang program berorentasi pada kepemimpinan murid (Student Agency ) dengan mengoptimalkan aset yang di miliki sekolah .Dalam kegiatan lokakarya ke 5 ini mempunyai tujuan belajar yaitu CGP Mampu memaknai data yang di peroleh dalam tahapan B(Buat pertanyaan ) dan A ( Ambil Pelajaran ) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi. dan menyusun program rencana perubahan.


AKSI NYATA MODUL 3.3
15-20/3/2023
CGP menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
Share this article now on :

Post a Comment