Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Magister Manajemen UGM


Mendapatkan tugas belajar S2 dari Kementrian Pendikan Nasional, saat belum menjadi Kemendikbudristek, tahun 2011. Sesuatu yang menjadi pengalaman sangat berharga. Tentu pengalaman yang berharga karena tidak semua guru mendapat kesempatan untuk belajar di Universitas ternama, terbaik di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). 
Seleksi diawali dengan seleksi administrasi, terjaring kurang lebih 100 orang. Rangkaian tes tertertulis (AcEPT, TPA, Interview). Hasil akhir terseleksi 30 peserta. Alhamdulillah berhasil lolos. 
Tes AcEPT sama dengan tes TOEFL.   
Tes AcEPT dan TPA serta interview. Nilai TPA minimal 500. Nilai TOEFL minimal 450. Total TPA+TOEFL haruslah 975. Setelah lulus TPA dan TOEFL barulah dilanjutkan dengan tes wawancara. Tes ini lebih kepada bagaimana meyakinkan interviewer yang rata-rata mereka adalah professor, kita bisa menyakinkan Beliau-Beliaunya bahwa kita serius, beneran bakal belajar di MM UGM, gak mangkir dan tentu lulus tepat waktu.
Matrikulasi 
Matrikulasi ini sifatnya wajib bagi mahasiswa S2 karena dari berbagai disiplin ilmi d S1-nya. Tes Pengetahuan Dasar yang meliputi materi-materi matrikulasi. Matrikulasi ini biasa disebut Pra-MBA atau semester 0. Kuliah matrikulasi berlangsung selama 6 bulan. Dan harap di ingat, kita tidak bisa melanjutkan ke semester berikutnya jika tidak lulus matrikulasi. Matrikulasi sangat penting apalagi bagi kita yang gak pernah bersentuhan dengan dunia ekonomi. Setidaknya di matrikulasi kita sedikit paham tentang teori dasar ekonomi. Jadi dengan adanya Pra MBA ini diharapkan mahasiswanya siap pas masuk ke perkuliahan inti nanti.  Itulah pentingnya matrikulasi, selain mempersiapkan mahasiswa, juga bisa jadi alat ukur minat awal tiap mahasiswa. 
Busana/Pakaian 
Terkait dengan busana MM UGM Jakarta sangat tegas. Bukan hanya di ruang perkuliahan, dilingkungannya pun diberlakukan. Mahasiswa Laki-laki/ Pria harus memakai batik atau kemeja lengan panjang plus dasi dan celana bahan. Wanita menyesuaikan. Pernah teman di kelas tetangga tidak bisa ikut ujian karena lupa membawa dasi. Pengawas kekeuh tidak mengizinkan dia masuk ruang kelas sebelum memakai dasi. Pernah pula seorang teman tidak diizinkan masuk ke perpustakaan karena memakai jeans. 

Bersama Prof. Jamaludin Ancok

Kurikulum 
Gelar/ Title yang didapatkan setelah lulus MM UGM memang titel international, MBA. Dan karena MM UGM sudah terakreditasi secara international oleh AACSB, The Association to Advance Collegiate Schools of Business, (FYI: MM UGM adalah sekolah bisnis pertama dan satu-satunya di Indonesia yang terakreditasi oleh AACSB) maka kurikulum yang digunakan adalah standar international.

Share this article now on :

Post a Comment