Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Manajemen Layer AutoCAD (Materi 10)

Layer dalam bahasa Indonesia berarti lapisan. Tiap layer, lembar atau lapis mempunyai nama tersendiri, tidak boleh ada lebih dari satu nama layer yang sama, penamaan layer maksimal 31 karakter (huruf, angka atau symbol ($), strip (-) dan underbar (_), tetapi tidak boleh menggunakan spasi kosong atau spacebar)

Fungsi Layer pada prinsipnya ialah untuk mempermudah proses penyuntingan gambar, karena dengan sistem layer objek-objek gambar dapat:
  • kita kelompokkan ke dalam kelompok tertentu,
  • dapat menyembunyikan objek-objek gambar yang tidak perlu diperlihatkan pada saat proses penggambaran,
  • dapat mengunci objek gambar supaya tidak terhapus secara tak sengaja
  • dapat membekukan objek gambar untuk menghemat proses regenerasi dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan lainnya

Setiap kali kita menjalankan AutoCAD (bukan membuka file yang sudah ada), secara otomatis kita telah dibuatkan satu layer, namanya layer 0, apapun yang kita gambar akan ditempatkan pada layer tersebut. Jika di display belum muncul toolbar Layer, untuk memunculkan toolbar Layer, klik kanan pada sembarang icon toolbar yang ada di display AutoCAD, kemudian pilih Layer. Setelah itu tempatkan di posisi yang dikehendaki 
Berikut ini adalah tampilan dari toolbar Layer :





Untuk dapat membuat layer sehingga dapat dipergunakan dalam proses pembuatan gambar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 Aktifkan perintah Layer dengan cara ketik LA (Klik Layer Properties) kemudian tekan enter. Setelah itu di display akan muncul jendela Layer Properties Manager seperti gambar di bawah ini.


Perhatikan Pada bagian atas kiri:



 
Klik icon New Layer atau tekan tombol ALT + N pada keyboard untuk membuat layer baru. Maka di jendela Layer Properties Manager akan muncul seperti di bawah ini :


Layer yang telah dibuat masih bernama “Layer1”, nama tersebut bisa diganti dengan nama yang sesuai dengan keinginan teman-teman. Misal layer tersebut akan digunakan untuk menggambar garis dinding, maka layer tersebut dapat diganti dengan nama “dinding”. 

 Untuk mengganti warna, pada kolom Color, klik icon warna pada layer yang akan diganti warnanya. Maka akan muncul jendela Select Color seperti gambar dibawah ini :  


Pilih warna yang diinginkan, misal pilih warna kuning. Setelah itu klik icon OK. 

 Untuk mengganti jenis garis, pada kolom Linetype, klik icon Continuous pada layer yang akan diubah jenis garisnya. Maka akan muncul jendela Select Linetype seperti gambar di bawah ini : 


Untuk memilih jenis garis, klik icon Load, maka akan muncul jendela Load or Reload Linetypes seperti gambar di bawah ini:




Pilih garis yang diinginkan, misal kita akan memakai jeni garis titik-titik, maka pilih Linetype ACAD_ISO07W100 dengan Description ISO dot. Setelah itu klik icon OK maka akan kembali ke jendela Select Linetype seperti gambar di bawah ini :

Di jendela Select Linetype telah muncul dua jenis garis, yaitu jenis garis ACAD_ISO07W100 dan garis jenis garis Continuous (jenis garis default). Pilih jenis garis yang telah dibuat sebelumnya (ACAD_ISO07W100) kemudian tekan icon OK untuk mengaktifkan jenis garis tersebut pada layer. 

 Untuk mengganti ketebalan garis pada layer, pada kolom Lineweight klik icon Default pada layer yang akan diganti ketebalan garisnya. Maka akan muncul jendela Lineweight seperti gambar di bawah ini :


Pilih ketebalan garis yang akan dipergunakan. Misal pilih ketebalan 0.30 mm. Setelah itu, klik icon OK. 

Layer yang telah dibuat telah berganti identitas sesuai dengan yang telah kita ubah, yaitu : 
 Name : dinding 
 Color : yellow 
 Linetype : ACAD_ISO07W100 
 Lineweight : 0.30 mm 

 Layer tersebut telah siap dipergunakan untuk proses penggambaran. Untuk membuat layer-layer yang lain, caranya sama dengan diatas. 

Read More »
24 January | 0komentar

Perintah Mirror










Fungsi :Untuk mencerminkan objek yang telah diseleksi 

Command dengan menubar :Klik menubar Modify, pilih Mirror
Command dengan toolbar : Klik icon pada toolbar Modify 
Command dengan keyboard :Ketik “MI” + enter 

Cara kerja : 
Buatlah sebuah objek sembarang (misal buat persegi dengan ukuran 50x50) dan sebuah garis di luar objek tersebut yang nanti akan dipakai sebagai bidang pencerminan. Aktifkan perintah dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. 
Setelah itu seleksi objek yang akan dicerminkan, maka di command line akan muncul :


Kemudian  klik salah satu ujung dari bidang pencerminan (titik 1) sebagai titik awal dan klik di ujung yang lain (titik 2) sebagai titik akhir. (lihat gambar)

Setelah mengklik titik 2, maka di command line akan muncul : 


Ada permintaan untuk menghapus objek yang di mirror, jika rekan-rekan menghendaki objek yang di mirror hilang, maka ketik “Y” kemudian tekan enter satu kali. Tapi jika rekan-rekan tetap menghendaki objek yang di mirror tetap ada, maka cukup tekan enter satu kali.




Read More »
23 January | 1komentar

Perintah Erase dan Copy Pada Toolbar Modify (Materi 8)

Perintah Erase

Fungsi :Untuk menghapus objek yang telah diseleksi 

Dalam Kurung, Perintah Erase pada Toolbar Modify


Command dengan menubar :Klik menubar Modify, pilih Erase 
Command dengan toolbar :Klik icon pada toolbar Modify 
Command dengan keyboard :Ketik “E” + enter 

Cara Kerja : 
  • Buatlah sebuah objek sembarang (bisa persegi, lingkaran, dsb). 
  • Aktifkan perintah dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. 
  • Seleksi objek yang akan dihapus dengan cara klik salah satu bagian dari objek tersebut, kemudian tekan enter.
Perintah Copy



Fungsi :Untuk menggandakan objek yang telah diseleksi 

Command dengan menubar :Klik menubar Modify, pilih Copy 
Command dengan toolbar :Klik icon pada toolbar Modify 
Command dengan keyboard :Ketik “CO atau CP” + enter 

Cara Kerja : 
  • Buatlah sebuah objek sembarang (misal buat persegi dengan ukuran 100x100 sebanyak dua buah).
  • Aktifkan perintah dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. 
  • Ada dua cara yang biasa dipakai dalam menggunakan perintah copy, yaitu copy dengan input jarak dan copy dengan posisi yang telah ditentukan. 
  • Copy dengan input jarak : 
  1. Objek yang telah kita buat sebelumnya, akan kita copy dengan jarak 400 ke atas, 500 ke kanan, 300 ke kiri, dan 250 ke bawah. 
  2. Kunci gerakan kursor ke arah vertikal dan horizontal dengan cara klik icon ORTHO atau tekan tombol F8 pada keyboard (jangan dilakukan jika kursor sudah terkunci) 
  3. Setelah objek yang akan dicopy terseleksi, gerakkan kursor ke kanan kemudian ketikkan angka 500, tekan enter. Maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  4. Copy dengan posisi yang telah ditentukan :   oObjek yang telah kita buat sebelumnya, akan kita copy sehingga menjadi bentuk seperti dibawah ini : 

Selanjutnya seleksi lagi objek yang akan dicopy, klik di titik 5 (titik tengah sisi) sebagai titik awal. Kemudian geser objek terseleksi ke titik 6 & 7 (lihat gambar). Kemudian tekan enter.


 NB:
*) Cara mencari titik tengah (midpoint), jika ketika kursor digerakkan ke tengah garis tidak keluar tanda (midpoint). Langkahnya adalah dengan mengetik “DS” enter. Maka akan muncul jendela Drafting Settings.


 

Read More »
21 January | 0komentar

Toolbar Modify (Materi 7)

Toolbar modify adalah sebuah toolbar yang berisi perintah-perintah pengeditan objek sederhana dalam AutoCAD, seperti penggandaan (copy), pemindahan (move), pencerminan (mirror), perputaran (rotate), pemotongan (trim), dsb. Untuk memunculkan toolbar Modify, klik kanan pada sembarang icon toolbar yang ada di display AutoCAD, kemudian pilih Modify. Setelah itu tempatkan di posisi yang dikehendaki Berikut ini adalah tampilan dari toolbar Modify : 

Toolbar Modify pada AutoCAD 2021
Toolbar Modify AutoCAD 2021

Toolbar Modify AutoCAD 2010

Keterangan Toolbar Modify :




Read More »
20 January | 0komentar

Perintah Text dan Boundary (Materi 6)

1. PERINTAH TEXT
Fungsi :Untuk membuat teks notasi 

Command dengan menubar : Klik menubar Draw, pilih Multiline Text 
Command dengan toolbar : Klik icon  A pada toolbar Draw 
Command dengan keyboard : Ketik “MT” + enter 

Cara Kerja :



  2. PERINTAH BOUNDARI

Fungsi :Untuk membuat objek polyline dari objek line yang membentuk kurva tertutup 

Command dengan menubar :Klik menubar Draw, pilih Boundary 
Command dengan toolbar : - 
Command dengan keyboard :Ketik “BO” + enter 

Cara Kerja : 
 Buatlah sebuah objek dengan ukuran sembarang menggunakan perintah Line sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini. 


 Aktifkan perintah Boundary dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. Maka di display akan muncul jendela Boundary Creation.



Untuk pengaturannya, Object type pilih Polyline, Boundary set pilih Current viewport. 

 Klik icon (Pick Points) untuk menyeleksi bidang yang akan dibuat boundary. Maka di command line akan muncul :

Selanjutnya klik di dalam objek yang telah kita buat sebelumnya. 





Read More »
19 January | 1komentar

Perintah HATCH (Materi 5)

Fungsi :Untuk mengisi sebuah bidang tertutup dengan arsiran 

Command dengan menubar :Klik menubar Draw, pilih Hatch 
Command dengan toolbar :Klik icon pada toolbar Draw 
Command dengan keyboard :Ketik “H” atau “BH” kemudian tekan tombol enter 
Icon Hatch


Cara Kerja : 
 Buatlah sebuah dua buah objek dengan ukuran sembarang. Objek pertama berbentuk polygon dan objek kedua terdiri dari empat garis-garis yang saling berpotongan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :




 Aktifkan perintah Hatch dengan salah satu cara yang telah disebutkan di atas. Maka di display akan muncul jendela Hatch & Gradient seperti gambar di bawah ini


Keterangan : 
1. Type and Pattern, merupakan tempat kita untuk memilih jenis arsiran yang akan dipakai. Untuk memilih jenis arsiran yang diinginkan, klik kotak yang berada di sebelah kanan Swatch.


2. Angle and Scale, merupakan tempat kita untuk mengatur skala dan sudut kemiringan arsiran yang akan kita gunakan. 
3. Boundaries, merupakan tempat kita untuk memilih metode penyeleksian objek yang akan kita isi dengan arsiran. 
Ada dua metode penyeleksian objek, yaitu : 

Add: Pick Point, Metode penyeleksian dengan cara mengklik di dalam objek yang akan kita beri arsiran, dapat dilakukan pada semua objek yang dibuat dengan toolbar Draw dan objek tersebut tertutup bidangnya. 

 Add: Select Object, Metode penyeleksian dengan cara mengklik garis objek yang akan kita beri arsiran, hanya dapat dilakukan pada objek polygon (rectangle, circle, ellipse, polyline, polygon). 


4. Hatch Origin, merupakan tempat dimana kita mengatur titik awal dari arsiran yang akan dibuat. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
5. Options, merupakan tempat dimana kita mengatur tata letak dari arsiran yang akan dibuat. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
6. Menu tambahan, merupakan tempat dimana kita mengatur letak dari arsiran yang akan dibuat terhadap objek yang ada di dalam objek yang akan kita arsir. Untuk tingkat dasar, menu ini jarang sekali dipakai. 
7. Icon ,berfungsi untuk menyembunyikan atau memunculkan menu tambahan. 

 Setelah perintah Hatch diaktifkan, atur settingan dari jenis arsiran yang akan dipakai, skala arsiran dan sudut arsiran (jika perlu). Setelah itu, pilih metode penyeleksian objek yang akan dipakai (Pick Point atau Select Object). 
 Klik atau seleksi objek yang akan diarsir, setelah selesai tekan tombol enter, maka akan kembali ke jendela Hatch & Gradient. Setelah itu, klik icon Preview yang berada di pojok kiri bawah jendela Hatch & Gradient untuk melihat hasilnya. 
 Tekan Space Bar atau klik kanan mouse untuk kembali ke jendela Hatch & Gradient. Jika hasilnya menurut rekan-rekan kurang, atur lagi skala atau sudutnya, klik icon Preview lagi. Jika sudah sesuai, tekan Space Bar atau klik kanan mouse, setelah itu klik icon OK yang berada di pojok kanan bawah jendela Hatch & Gradient.

LATIHAN :
Untuk lebih memantapkan pemahaman rekan-rekan tentang perintah dasar toolbar Draw, buatlah latihan di bawah ini. Jangan lupa untuk menyimpan file latihan di folder rekan-rekan, karena akan digunakan untuk latihan pada bab selanjutnya. Ketentuan : manfaatkan perintah dasar toolbar Draw.

Hatch pada Denah


Read More »
06 January | 2komentar