Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pasca Ramadhan Bersama Al Qur'an

J
Al-Qur'an, yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai sebagai kalamullah atau mukjizatul . Sebagai suatu keistimewaan yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh manusia. Ajaran Islam adalah diperuntukan untuk semua atau seluruh manusia merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta, rahmatan lilalamin. Pada hakikatnya, al-Qur'an telah berbicara tentang seluruh persoalan manusia yang berupa prinsip-prinsip dasar. 
 Al-Qur'an berbicara kepada akal dan perasaaan manusia; mengajar mereka tentang aqidah tauhid; membersihkan jiwa mereka dengan berbagai praktek ibadah; memberi mereka petunjuk untuk kebaikan dan kepentingannya, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, menunjukkan kepada mereka jalan terbaik, guna mewujudkan jati dirinya, mengembangkan kepribadiannya. 
Al Qur'an mengingatkan manusia bahwa diri menuju kesempurnaan insani, sehingga mampu mewujudkan kebahagiaan bagi dirinya, di dunia dan akhirat.
Ma'rifatunnafsi atau mengenal diri sendiri terkenal dengan ungkapan "barang siapa yang mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya", Dapat disejajarkan dengan konsep diri, self concept yaitu bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri. Khusnudzon atau prasangka yang baik juga dapat disejajarkan dengan berpikir positif. 
Kata-kata yang terus beriringan dalam al-Quran yaitu iman dan amal merupakan penegasan dari harus adanya keyakinan dan tindakan. Untuk menyikapi semua tindakan-tindakan dan hasil yang diperoleh atas semua usahanya Islam memberikan konsep lain seperti tawakal, syukr dan muhasabah yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Akumulasi konsep-konsep tersebut jika diteliti secara berkesinambungan akan menimbulkan dan mengisyaratkan adanya konsep percaya diri yang terungkap dalam al-Qur'an. 
Dalam hari-hari Ramadhan kita diasyikan dengan kemesraan bersama Al Quran bagaimana pasca Ramadhan Setelah mendapatkan Gelar Taqwa?
Pembuktian ketaqwaan dapat kita terjemahkan melalui ketaatan kita Allah Swt. Ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya merupakan indikator utama seorang muttaqin. Sikap taat merupakan refleksi iman dan taqwa seorang hamba. Hal ini ditegaskan Allah Swt dalam Al Quran: ” Sesungguhnya ucapan orang mukmin bila dipanggil kepada Allah dan RasulNya dalam memutuskan urusan mereka, adalah perkataan: ”Kami dengan dan kami taat”. Itulah orang-orang yang beruntung.” (An Nuur-51
Share this article now on :

Post a Comment