Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Rekam Layar Sangat Ringan Hasil Penyimpanannya

Screen Layar Laptop

Monitor Komputer/Laptop adalah salah bagian dari perangkat keras keluaran (Output). Monitor adalah hasil dari perintah elektronik yang mengubah sinyal elektronik yang berasal dari perintah atau masukan komputer menjadi sebuah gambar yang bisa ditampilkan secara real time.
Saat ini monitor sudah berevolusi dari yang tadinya berbentuk tabung dan besar menjadi kecil, tipis, dan ringan. Bahkan frekuensi monitor sekarang sudah ada yang menyentuh sampai 144 Hz.
FastStone salah satu aplikasi untuk merekam kegiatan yg kita lakukan di layar monitor dan  yang biasa saya gunakan. Alasan menggunakan adalah FastStone Capture v9.0 hasil penyimpanan yang ringan dan penggunaannya yang mudah, yang bisa didownload di akhir tulisan ini.
Merekam layar komputer dapat berfungsi untuk mengabadikan momen-momen tertentu, misalkan saat pandemi ini sering sekali melakukan video konferen, membuat tutorial untuk pembelajaran dan lain sebagainya.
Banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk merekam layar monitor, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Yang gratis walaupun ada masa trial atau masa percobaan, pasti akan terganggu dengan hasil rekaman dari aplikasi trial tersebut. Seperti adanya water mark, rekaman layar yang kurang jernih, sampai audio yang di hasilkan juga kresek-kresek.  Developer biasanya memang sengaja memberikan versi trial yang seperti itu agar kalian para pengguna membeli/menyewa aplikasi mereka.
Berikut ada aplikasi yang gratis yang bisa kita gunakan untuk merekam layar tetapi sistemnya Portble. Jadi tidak diinstal. Ada juga yang diinstal tetapi untuk gratisan pasti harus di crack.
Aplikasi FastStone Capture v9.0 ini digunakan secara portable, dan hasilnya tidak mengecewakan. berikut bisa dilihat hasil perekaman dengan menggunakan Contoh Aplikasi FastStone Capture v9.0.





Download Aplikasi FastStone v9.0 bisa disini.

Share this article now on :

3 comments: