Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Mengakses Perintah di AutoCAD,Bagi Pemula

Mengakses AutoCAD dimaksudkan adalah bagimana kita menggunakan perintah-perintah penggambaran dan perintah pengeditan yang ada di AutoCAD. Untuk memulai AutoCAD, hal pertama yang harus dipahami adalah bagaimana mengakses perintah,menggunakan fasilitas-fasilitas umum penggambaran,dan bagaimana mengoperasikan file secara sederhana. 

Mengakses Perintah Akses perintah pada AutoCAd 2019 dapat dilakukan melalui bebrapa cara diantaranya : 

  • Melalui pemilihan icon pada Toolbar 
  • Melalui pemilihan perintah pada Menu Bar 
  • Melalui pengisian perintah pada Command Line
1. Toolbar 
Pada AutoCad  tersedia 41 macam toolbar yang dapat dipergunakan untuk mengakses perintah.Toolbar berisi beberapa tombol icon yang telah dikelompokan sedemikian rupa untuk memudahkan dalam pengaksesan perintah. Pengaksesan perintah melalui toobar dapat dilakukan dengan mengklik tombol icon yang dipilih pada toolbar.(Gambar berikut)

 
Toolbar pada Panel Draw 

Untuk menampilkan atau menutup toolbar dapat dilakukan melalui tool palette group dialog box yang ditampilkan melalui bebrapa cara diantaranya : 
Menu bar : 
Klik kanan menu Tabs - klik show Tabs - lalu aktifkan atau matikan toolbar melalui menu cek yang tersedia.
Toolbar : 
klik kanan pada salah satu toolbar,kemudian pilih daftar toolbar yang tersedia. 
Drawing area : 
klik kanan pada drawing area, pilih repeat Toolbar

2. Menu Bar 
Menu Bar terdiri dari beberapa menu pilihan.Masing-masing berisi menu-menu pull down yang telah dikelompokan berdasarkan suatu kriteria.Untuk mengaktifkan perintah melalui menu bar dapat dilakukan dengan menyorot daftar menu klik perintah yang dipilih. Bambar berikut.

Akses Perintah Melalui Menu Bar 


3. Command Line 
Mengakses perintah melalui command line dilakukan mengetikan perintah secara lengkap atau singkatannya,yang kemudian diakhiri dengan menekan Enter. Beberapa perintah yang memiliki subperintah yang dapat diakses melalui mengetikan karakter dari subperintah yang berhuruf besar atau angka. Subperintah terdapat dalam tanda [ ] dan antara satu subperintah dan subperintah lain dipisahkan dengan garis miring.Beberapa subperintah tersebut.yang akan dijalankan apabila tidak ada masukan pilihan.
Contoh : 
Command : 
Change Select Objects : 
Specify change point or[properties]:P 
Enter property to change[Color/Elev/Layer/Ltype/ltScale/LWeight/Thickness]:



Share this article now on :

Post a Comment