Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tampilan Standart AutoCAD Terbaru

 Sebagai sebuah aplikasi yang digunakan untuk menggambar benda/obyek 2 dimensi  dan 3  dimensi AutoDesk sebagai pemilik aplikasi AutoCAD selalu mengembangkan. Pengembangan aplikasi ini satu tujuan untuk memanjakan konsumen/pengguna AutoCAD tentunya.

Berikut ini beberapa fitur dari AutoCAD terkini:




Tampilan Title bar/Baris Judul 
Title bar adalah bagian paling atas pada tampilan program aplikasi,menunjukan nama program aplikasi diikuti dengan nama file.pada pembuatan file baru program aplikasi akan menamai file secara otomatis.Pada penyimpanan file nama tersebut dapat diubah,bila tidak dilalukan perubahan nama file maka file akan tersimpan dengan nama pilihan program aplikasi. Pada bagian paling kiri dari title bar terdapat icon control menu yang berfungsi mengontrol tampilan program aplikasi yang sedang aktif. Pada bagian paling kanan dari titlebar terdapat sizing button yang fungsinya hampir serupa dengan control menu,antara lain sebagai berikut :


Tampilan Menu Pull Down 
Menu bar adalah bagian dibawah titlebar berisi menu-menu pull down.Untuk menjalankan perintah yang terdapat di dalamnya dapat dilakukan dengan cara mengklik menu bar atau menekan tombol Alt pada keybord dan huruf yang di garisbawahi pada menu terpilih. 

Tampilan Toolbar Standart 
Toolbar standart adalah sekumpulan tombol-tombol icon yang telah dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu untuk mempermudah menjalankan perintah dalam proses penggambaran.tombol icon memberikan kemudahan dalam pengaksesan perintah Peletakan toolbar dapat diatur sesuai dengan kebutuhan penggambaran,toolbar dapat diletakan secara vertical maupun secara horizontal dengan mendrag toolbar kea rah yang dikehendaki.

Tampilan Toolbar Object 
Properties Toolbar object properties adalah sekumpulan tombol-tombol icon yang berfungsi untuk mengatur properties suatu obyek gambar.setiap obyek gambar memiliki properties yang berfungsi sebagai identitas. Melalui properties suatu obyek gambar dapat dibedakan dari obyek gambar lainnya.Dengan menggunakan toolbar object properties akan mempermudah dalam pengeditan suatu obyek gambar. 

Toolbar Draw 
Toolbar Draw adalah sekumpulan tombol-tombol atau icon yang berfungsi untuk membuat obyek gambar dengan cara system koordinat. 

Toolbar Modify 
Toolbar Modify sekumpulan tombol-tombol atau icon yang berfungsi untuk mengedit atau merubah suatu obyek gambar 

Drawing area 
Drawing area adalah bidang kosong yang merupakan media untuk menggambar.

Icon WCS (World Coordinate System) 
WCS adalah system koordinat yang dipergunakan dalam proses penggambaran.WCS dapat dimodifikasi baik tampilannya maupun system kerjanya menjadi UCS ( User Coordinate System ) 

Crosshair Crosshair adalah penunjuk mouse pada drawing area yang berbentuk dua garis yang bersilangan,digunakan untuk memilih suatu titik koordinat.Panjang garis silang crosshair dapat diatur di option - display – crosshair size. 

Tab Model 
Tab model merupakan ruang model yang berfungsi untuk membuat model baik 2D maupun 3D secara leluasa.Dalam tab Model kita bekerja dalam skala gambar. 

Tab Layout 
Tab layout merupakan suatu lembar kerja yang mempresentasikan obyek gambar di kertas cetakan.Melalui Tab Layout dapat diatur hal-hal sebagai berikut : 
  • Ukuran kertas sebagai media pencetakan 
  • Orintasi gambar (Portrait atau Landscape) 
  • Posisi obyek rancangan dalam bidang kertas 
  • Pengaturan Ukuran Skala Cetak ( 1:100, 1:50 atau 1:200)
  • Configurasi jenis Printer atau plotter 
Command Window
Command Window adalah tempat yang disediakan untuk memasukkan perintah melalui Keyboard.Command window terbagi atas dua bagian yaitu : 
  • Command History Window Adalah tempat dimuatnya perintah-perintah terdahulu hingga perintah terakhir yang telah dimasukkan dan diproses sebelumnya. 
  • Command Line Adalah tempat untuk memasukkan perintah baru

Status Bar 
Status Bar adalah bagian paling bawah pada tampilan yang merupakan petunjuk status penggambaran, meliputi letak pointer pada drawing window yang dinyatakan dengan koordinat dan fasilitas penggambaran yang sedang aktif.Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain adalah snap, grid, ortho, polar, osnap, otrack, lineweight dan model atau paper. 

Scroll Bar Vertikal dan Horisontal 
Scroll Bar untuk mengeser area gambar kearah horizontal atau kearah vertical 

Tampilan Text Window
Text Window adalah fasilitas yang fungsinya menyerupai command window yaitu memuat perintah-perintah yang diakses melalui keyboard. Text Window dapat menampilkan lebih banyak perintah yang pernah diproses sebelumnya.Pada saat text window aktif maka proses aplikasi AutoCAD akan terhenti sementara. 

Dialog Box 
Dialog box merupakan fasilitas yang memberikan kemudahan menentukan pilihan dalam suatu pengoperasian perintah. Kotak dialog memiliki beberapa macam elemen dalam tampilannya antara lain : 
List Box 
List Box merupakan daftar pilihan yang terdapat dalam suatu dialog box.list box dapat juga dilengkapi dengan scrollbar dan menu pop-up. Scrollbar berfungsi untuk melihat daftar pilihan di atas, bawah, kiri dan kanan yang belum terlihat sebelumnya. Scrollbar terdiri atas tombol panah naik – turun, kiri- kanan dan slider box di bagian tengah. 

Menu Pop-up, merupakan sekumpulan daftar pilihan yang akan muncul ketika tombol pop-up diklik. Untuk memunculkan Dialog Box dapat melalui File - Open (ctr+O) atau mengklik icon open

 Check Box Check box merupakan sekumpulan daftar pilihan yang dapat diaktifkan secara bersama-sama dalam satu waktu tanpa mempengaruhi kinerja satu dengan lainnya

Daftar pilihan dalam check box merupakan daftar faslilitas yang saling mendukung dan berhubungan dalam memberikan solusi terhadap suatu hal tertentu. Untuk menentukan pilihan pada check box dapat dilakukan dengan mengklik kotak isian yang berbentuk bujursangkar di samping daftar pilihan.Pilihan yang sedang aktif ditunjukkan dengan adanya tanda check pada kotak isian. 

Edit Box 
Edit Box merupakan sekumpulan data teknis tentang suatu obyek gambar,di dalam edit Box terdapat ruang isian yang data di dalalmnya dapat diubah dengan mengetikan data yang baru. Edit Box juga dilengkapi dengan menu Pop-up yang menawarkan beberapa alternative data baru.penggantian data melalui pemilihan data dari menu pop-up menghindarkan terjadinya penolakan data baru yang tidak terbaca oleh program

Share this article now on :

Post a Comment