Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tentang Multiline (ML) Pada AutoCAD

Dalam penggambaran denah di autocad, selain line (garis),  juga terdapat objek yang daat digunakan untuk mempercepat membuat ketebalan dinding yaitu multiline. Mline adalah perintah untuk membuat multiline,yaitu kumpulan garis pararel.jumlah elemen dan property (warna dan tipe garis) setiap elemennya tergantung dari style multiline aktif.
Jika anda menggunakan autocad dengan fitur ribbon panel seperti autocad 2009, 2010, dan versi yang lebih baru, fungsi Multiline tidak memiliki toolbar. Karena itu cara membuatnya harus menggunakan keyboard shortcut; yaitu ML(Multi Line). Namun selain dengan keyboard shortcut, ia juga dapat dibuat melalui menu Draw Multiline. Cara membuat mutiline masih sama mudahnya dengan cara membuat line.

Menu pull down : Draw <Multiline 
• Mline dengan opsi start point (menentukan titik) Pilihan ini dilakukan dengan menentukan titik pertama multiline pada pertanyaan di atas.Ini dilakukan apabila anda sebelumnya telah menentukan justifikasi(justification) dan skala (scale) multiline sesuai keinginan. 
• Justification Pilihan ini digunakan untuk menentukan justifikasi atau metode pembuatan multiline,apakah titik yang anda tentukan akan dianggap sebagai bagian atas,poros atau bawah multiline. 
  • Pilihan TOP akan menjadikan titik-titik yang anda tentukan sebagai garis teratas multiline. 
  • Pilihan ZERO akan menjadikan titik yang anda tentukan dianggap sebagai poros multiline. 
  • Pilihan BOTTOM akan menjadikan titik yang anda tentukan dianggap sebagai bawah multiline.
Anda harus menentukan justifikasi multiline ini sebelum menentukan titik awal.Bila tidak,AutoCAD akan menggunakan justifikasi aktif.

 Justifikasi pada Multiline


1.    Ketik ML (Multiline) > Spasi.
Alternative: klik menu bar Draw > pilih Multiline

Perhatikan command line di bawah area kerja autocad

2.    Pada Specify start point or [Justification/Scale/STyle]:  J   _ketik J untuk memilih Justification lebar multiline, kemudian tekan enter

3.  Pada Specify start point or [Justification/Scale/STyle]:  SC   _ketik SC untuk mengatur skala / lebar multiline, kemudian tekan Spasi.

4.    Dan pada Enter mline scale <200.00>:  150   _masukkan nilai skala multiline misalnya 150 satuan, kemudian tekan Spasi.

5.   Dan pada  Enter justification type [Top/Zero/Bottom] <top>:  Z  ketik Z untuk pilihan Zero (rata tengah), kemudian tekan Spasi.

6.    Pada Specify start point or [Justification/Scale/STyle]:  _klik di sembarang area, kemudian geser mouse ke kanan. Tekan tombol F8 (Ortho) untuk membuat garis lurus sempurna. Seperti tampak pada gambar dibawah ini.

7.    Pada Specify next point:  5000  _masukkan nilai yang anda inginkan misalnya 5000 satuan ke kanan, dan tekan Spasi.
Kemudian geser mouse ke atas, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

8.    Pada Specify next point or [Undo]:  2000  _masukkan nilai misalnya 2000 satuan ke atas, dan tekan Spasi.

9.    Pada Specify next point or [Close/Undo]:  *Cancel*   _tekan Esc untuk mengakhiri perintah
Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini


Share this article now on :

Post a Comment