Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Kasih Sayang Sesama, Bentuk Pertolongan Allah SWT

Kajian Ramadan Ba'da Subuh Gayam Permai, 09 April 2022

"Karena hanya bertawakal hanya kepada Allah SWT seorang ahli ibadah tidak mau diselamatkan saat terjadi banjir, yang menyebabkan dia (ahli ibadah) mati karena hal tersebut"

Di masa Nabi Nuh as ada seorang hamba yang rajin ibadah. 24 jam waktunya digunakan untuk beribadah. Saat terjadi banjir bandang pun ahli ibadah ini selalu berkata saya hanya membutuhkan pertolongan Allah SWT. 
Disaat air banjir sudah menyentuh lutut, tetangga dan teman-temannya datang mengajak ahli ibadah itu untuk menyelamatkan diri. Bahkan orang-orang itu siap menggendong sang ahli ibadah yang memang tak lagi muda itu jika tak mampu berjalan cepat. Namun, ahli ibadah itu menolak dan mengusir orang yang hendak menolongnya. 
Ia berkata, aku tidak butuh pertolongan manusia, cukuplah Allah sebagai penolongku. Kejadian berulang, sampai air setinggi dada, tetangganya datang dengan mengendarai unta. Namun, ia tetap pada pendiriannya. Tidak mau pergi menyelamatkan diri dengan ucapan yang sama. 
Namun ia tetap pada pendiriannya. Sampai akhirnya banjir besar datang, tetangga dan teman-temannya selamat di atas bahtera dengan Nabi Nuh as, ahli ibadah itu meninggal tersapu banjir besar. 
Dikisahkan bahwa orang ahli ibadah itu bertanya kepada Allah, mengapa Engkau tidak menolongku, bukankah aku telah habiskan usiaku untuk ibadah kepada-Mu. Allah SWT pun menjawab dengan tersenyum, “Bukankah Aku telah kirim tiga kali pertolongan untuk menyelamatkan dirimu. Tetapi hatimu sombong dan angkuh untuk menerima pertolongan yang aku kirimkan kepada dirimu.” 
Ahli ibadah itu pun menambahkan jawaban bahwa tidak ada kiriman bantuan dari Allah. Lalu Allah tersenyum dan menjawab bahwa tetangga yang datang tiga kali itu adalah kiriman pertolongan dari Allah. Ahli ibadah itu pun bertanya, jadi Engkau yang kirimkan mereka itu, ya Allah. Allah pun menjawab, “Bukankah yang berkuasa atas hati manusia itu adalah Aku.” 
Hibroh dari cerita di atas adalah merasa diri sudah sangat dekat dengan Allah SWT kemudian tidak membutuhkan bantuan manusia adalah bentuk kesombongan. Sehingga jangan pernah merasa sudah baik, sudah banyak amal, sudah banyak ibadah, lantas tidak memperhatikan sisi-sisi lain yang secara Sunnatullah manusia adalah makluk sosial. Bentuk bantuan Allah melalui hamba-hamba-Nya yang lain. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda bahwa tidak dianggap bersyukur kepada Allah orang yang tidak bisa bersyukur kepada manusia lainnya.
Sumber: https://masimamnawawi.com/






Share this article now on :

Post a Comment