Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Ramadhan Mubarak

Tilawah Al Qur'an

Hari pertama Ramadhan pada tanggal 2 April 2022. Pelaksanaan amaliyah bulan Ramadhan Alhamdulilah berjalan lancar dan terlaksana. Kegiatan pada malam hari adalah tarawih, kultum, tilawah Al Qur'an. Kegiatan pada dini hari, tahajud, sholat Subuh berjamaah dilanjutkan dengan Kajian Subuh.
Ramadhan Kareem secara bahasa adalah 'Ramadhan yang murah hati'. Jika Ramadhan Kareem diucapkan kepada orang lain maka dapat diartikan seseorang mengucapkan 'semoga Ramadhan bermurah hati kepada anda'. 
Meski kerap kali dipakai sebagai ucapan di bulan suci Ramadhan, pengucapan Ramadhan Kareem dianggap kurang tepat. Arti dari ucapan tersebut seakan dipahami bahwa Ramadhan-lah yang memberikan kemurahan hati, dan itu bertentangan dengan syariat Islam. Hal ini karena hanya Allah SWT yang memberikan kemurahan hati di bulan Ramadan. Dengan demikian ucapan Ramadhan Kareem tidak tepat disampaikan kepada umat islam yang merayakan bulan suci Ramadhan. 
Kini arti Ramadhan Kareem hingga hukum mengucapkannya telah diketahui. Ucapan yang lebih baik digunakan adalah Ramadhan Mubarak yang berarti 'Ramadhan yang mulia' dan dapat diterjemahkan sebagai 'Selamat Ramadhan'. Ucapan Ramadhan Mubarak ini diucapkan kepada seorang sebagai bentuk doa dan memohon berkah atasnya. 



Nabi Shallahu' alaihi wa sallam bersabda: "Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan Mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahanam (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi," (HR Ahmad, shahih).




Share this article now on :

Post a Comment