Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Aksi Nyata PMM

 Perubahan di kelas 

Pelaksanaan mengikuti kegiatan Platform Merdeka mengajar pada minggu ini, genap terlaksana selama 2 minggu dari 6 bulan pelaksanaan. Modul pertama yang dipelajari adalah bertemakan *Pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara. Selama ini proses belajar mengajar yang saya lakukan memberlakukan metoda yang sama untuk semua peserta didik. Menganggap bahwa satu metode yang sama untuk semua siswa. Mempelakari modul tentang Filosofi Pendidikan menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara, menjadi terbuka pemikiran saya terhadap apa yang seharusnya dilakukan guru dalam kelas.
Menyadari bahwa sebenarnya setiap anak itu memiliki kekhasan masing-masing, setiap anak memiliki kharakteristik yang berbeda-beda, setiap anak memiliki kodrat yang berbeda. Artinya dalam pembelajaran kita harus dapat memahami karakteristik dari masing-masing anak. Hal ini coba saya lakukan di dalam kelas dan hasilnya sangat memuaskan saya, karena tidak terpikiran anak yang yang tadinya diam saja namun setelah diberikan kesempatan untuk menjawab, anak tersebut dengan perasaan senang mengemukakan pendapatnya dengan suara yang cukup keras, walaupun anak tersebut mendapat informasi jawaban dari teman di sebelahnya. 
Hal selanjutnya yang saya lakukan adalah memberikan apersiasi terhadap jawaban yang diberikan anak tersebut.
Media Komputer


Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Selama menerapkan pembelajaran sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara ada beberapa gagasan yang timbul diantaranya: 1) Menyiapkan program pengembangan dalam memperbaiki model pembelajaran yang digunakan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terkait gaya belajar siswa yang berbeda-beda 2) Mengaplikasi nilai kebudayaan yang dimiliki dalam proses pembelajaran. Nilai kebudayaan yang ada memiliki kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila yang salah satunya adalah “Bergotong Royong” dan nilai kebudayaan yang dipilih adalah “Masohi”. 3) Merancang pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. 4) Menjadi penuntun bagi anak dalam setiap aktivitas atau kegiatan yang diikuti. 

Media Pembelajaran Interaktif


Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan Best Practice
Pelaksanaan praktik baik di dalam kelas adalah pertama-tama melakukan asesmen diagnosis non kognitif. Asesmen ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang siswa, minat siswa, sarana dan prasarana yang mendukung yang dimiliki siswa. Asesmen ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan diantaranya untuk mengetahui gaya belajar siswa. Contoh pertanyaan pada analisis kebutuhan belajar di bawah ini.

Dari hasil ini maka kita lakukan treamen berkaitan penggunaan media untuk mengakomodasi gaya belajar siswa yaitu bentuk audiovisul, textual dan kinestetik. yaitu menggunakan media blog, Video tutorial dan MPI (Media Pembelajaran Interaktif).
Hal baik yang sudah dilakukan antara lain: 1) Setiap hari melaksanakan apel, mengumandangkan Indonesia Raya dan Asmaul Husna yang Islam dan puji-pujian bagi yang Kristen. 2) Anak-anak melakukan kebersihan pada lingkungan sekolah di waktu pagi dan sore. 3) Pada saat hari besar keagamaan, maka yang akan berperan dalam hal ini panitia adalah anak-anak yang beragama yang lain. 4) Melakukan pembelajaran dengan metode “Tutor Sebaya”  6) Melakukan 3S (senyum, sapa, salam) bagi siapa saja yang dilewati pada saat berada di lingkungan sekolah. Terkait budaya industri 7) Memberlakukan jalur hijau sesuai dengan di industri sebagai jalur untuk pejalan kaki.

Perencanaan, Penerapan dan Pelaksanaan 
Mengacu pada modul 1.1. Filosofi Ki Hajar Dewantar pada kegiatan ini yakni tentang membuat desaian kerangka pembelajaran sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, maka untuk aksi nyata saya memulai dengan: 1) Perencanaan: untuk prencanaan dimulai dengan membuat desain pembelajaran, sesuai dengan gaya belajar siswa.. Dukungan kepala sekolah terkait pelaksanaan program CGP di sekolah. Selanjutnya dalam pemberian materi saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil refleksi terhadap materi yang diberikan sebelumnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga diberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melakukan diskusi dalam hal ini menerapkan Tutor Sebaya yang merupakan perwujudan nilai Profil Pelajaran Pancasila yakni Bergotong Royong. 
Akhir dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan, saya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menyampaikan refleksi dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.
Salah satu bentuk refleksi yang disampaikan anak dalam bentuk testimoni. “Testimoni Rekan Guru dan Siswa” 1. Guru : Model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dilakukan oleh teman saya dapat memberikan inspirasi kepada saya sendiri untuk merubah model pembelajaran. 2. Siswa : Akhirnya dalam pembelajaran kita dapat bebas menyampaikan pendapat kita dengan baik tanpa harus merasa takut dimarahi. 3) Refleksi: Dari apa yang direncanakan dan dilaksanakan, maka sebenarnya untuk proses pembelajaran sudah dapat berjalan dengan baik, 
Share this article now on :

Post a Comment