Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Lokakarya 4 CGP Angkatan 6 Kabupaten Purbalingga



Lokakarya 4 CGP Angkatan 6 Kab.Purbalingga dilaksanakan tanggal 25 Februari 2023 di SMA Negeri 1 Padamara. Berbeda kelompok dari lokakarya 1 s.d. 3. Pada Lokakarya 4 terdapat 3 Pengajar praktik (PP) dengan anggota kelompoknya. 
Materi yang disampiakan pertama, pengajar praktik mengajukan beberapa pertanyaan kepada CGP tentang perbedaan dari Coaching ,Mentoring dan Konseling. 
Penjelasan dari Coaching adalah proses di mana seorang coach, menuntun coachee untuk menemukan ide, cara untuk mengatasi masalah nya atau mencapai tujuannya.
Mentoring adalah proses dimana seorang mentor membagikan pengalamannya untuk membantu mentee mengembangkan dirinya. Hubungan antar mentor dan mentee adalah seorang yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman. Mentor biasanya meberi tips pada mentee. 
Konseling berarti proses di mana konseli di bantu untuk memecahkan masalahnya .Hubungan antara konselor dan konseli adalah seorang  yang ahli dan seseorang yang, membutuhkan bantuan.
Prinsip-prinsip Coaching ada 3 yaitu 
Kemitraan berarti posisi antara coach dan coachee setara ,
Proses kreatif mengedepankan percakapan dua arah, menghasilkan ide-ide baru ,memaksimalkan potensi, perlu adanya rencana tindak lanjut oleh rekan /coache yang sedang di kembangkan.

Menarik di lokakarya ini semua kelompok CGP dapat langsung mempraktekan hasil Coaching bersama menggunakan alur percakapan "TIRTA " yaitu Tujuan ,Identifikasi ,Rencana aksi , Tanggung Jawab . Tujuan adalah tahap awal di mana kedua pihak ,coach dan coachee ,menyepakati tujuan pembicaraan yang berlangsung , Identifikasi adalah tahap di mana coach mengali dan memetakan situasi yang sedang di bicarakan .Rencana Aksi adalah tahap  pengembangan ide untuk rencana yang akan di buat .Tanggung Jawab adalah tahap membuat komitmen atas hasil yang akan di capaiu untuk langkah selanjutnya .
Menganalisa video hasil supervisi kelas yang dilakukan oleh PP kemudian melakukan analisis tentang, tujuan, rencana pengembangan, strategi pengembangannya. 
3 rangkaian supervise akademik  yaitu Pra-observasi ,kedua Observasi dan ke tiga Pasca observasi .di kegiatan ini CGP Melakukan kegiatan supervise akademik bersama dengan sesama CGP berpasang-pasangan melakukan semua kegiatan dan di lakukan Refleksi praktik coaching dari pengalaman yang di lakukan ketika praktek coaching.
Pengajar praktik membagi dalam 3 kelompok mengajak CGP untuk berdiskusi dan menuliskan pengalamannya dalam pos-it . Pertanyaan yang  
1. Apa yang menarik ketika melakukan coaching ? 
 2. Hal apa yang sulit ketika melakukan coaching ? 
 3. Apa insinght yang CGP dapatkan setelah melakukan proses coaching ? 
 4. Apakah ada hal --hal terkait coaching yang masih CGP belum paham ? 

 Selanjutkan kegiatan di lakukan dalam praktik Coaching ,Mengisi lembar observasi ,dan terakhir praktik rangkaian supervise akademik dengan pola pikir coaching .Di lanjutkan dengan Refleksi lokakarya 4 Untuk menguatkan peran CGP sebagai pemimpin pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada kelas ,namun juga pada rekan sejawat CGP dapat mendampingi rekan sejawat untuk menyusun RPP yang Berdiferensiasi serta kuat unsur sosial Emosionalnya.Dan melakukan percakapan pra --observasi serta observasi .

Share this article now on :

Post a Comment