Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pendampingan Individu 4

 

Bersama Pengajar praktik Bapak Muhammad Saefudin (Mr.Sae) dilaksanakan Pendampingan Individu (PI) 4 pada Hari Jumat, 24 Februari 2023. Pada pelaksanaan pendampingan individu 4 ini melakukan beberapa kegiatan

terdapat 4 Bagian awal pendampingan dengan beberapa pertanyaan oleh pendamping praktik.

Menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan. Lembar observasi yang dimaksud merupakan lembar observasi yang sama dengan yang digunakan saat simulasi tatap muka virtual dengan fasilitator ditanyakan proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan tersebut Apresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak. 

Bagian inti pendampingan Jelaskan tujuan khusus pendampingan Diskusi terkait praktik coaching bersama rekan sejawat: 

Sebelum melakukan praktik coaching, Pendamping/ Pengajar Praktik mendiskusikan rencana coaching yang terdapat dalam lembar observasi (di lampiran). Calon Guru Penggerak bersama rekan sejawat yang sudah diminta untuk latihan coaching mempraktikkan coaching di depan Pendamping/Pengajar Praktik (rekan sejawat menjadi coachee). 

Pendamping/Pengajar Praktik memberikan umpan balik terhadap praktik coaching pada lembar observasi yang telah diisi di bagian komentar. Setelah Calon Guru Penggerak bersama rekan sejawat praktik coaching, Calon Guru Penggerak dan rekan sejawatnya dipandu melakukan refleksi setelah praktik coaching dengan menggunakan pertanyaan kunci: Menurut Bapak/ Ibu apa saja hal baik dari praktik coaching yang sudah dilakukan? Apa saja hal yang menurut Bapak/ Ibu perlu ditingkatkan dari praktik coaching-nya? Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu setelah melakukan praktik coaching pada rekan Bapak/ Ibu? 

Mintakan juga refleksi rekan sejawatnya: 

Menurut Bapak/ Ibu, bagaimana Bapak/ Ibu CGP dalam mempraktikkan coaching kepada Anda? Apa hal baik yang Anda rasakan dari praktik coaching ini? Jika ada yang perlu dikembangkan, bagian mana yang menurut Bapak/ Ibu perlu dikembangkan lebih lanjut? Diskusi observasi kelas oleh rekan sejawat dengan pertanyaan kunci: Bagaimana pengalaman Bapak/ Ibu ketika meminta rekan guru lain mengobservasi praktik pembelajaran yang Bapak/ Ibu lakukan di ruang kelas? Menurut Bapak/ Ibu, bagaimana praktik pengajaran yang terjadi saat dilakukan observasi? Apa komentar rekan guru yang mengobservasi setelah melakukan observasi praktik mengajar Bapak/ Ibu? Apa hal-hal yang sudah baik yang sudah Bapak/ Ibu lakukan di kelas dan apa hal-hal yang menurutnya perlu Bapak/ Ibu perbaiki? Apa hal yang ingin Bapak/ Ibu ketahui atau perbaiki setelah melakukan praktik mengajar tersebut berdasarkan respons dari murid Bapak/Ibu? 

Diskusi mengenai aksi nyata modul 2.1 dan 2.2 (Pendamping/Pengajar Praktik melihat serta bagaimana tugasnya) Bagaimana tugas aksi nyata modul 2.1 dan 2.2 yang Bapak/ Ibu sudah coba kerjakan? Adakah kendala/ kesulitan yang dihadapi? Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu selama mengerjakan tugas tersebut? Apa hal yang bisa Bapak/ Ibu ambil pelajarannya dari mengerjakan tugas tersebut? Apa rencana atau perbaikan ke depannya berdasarkan aksi nyata tersebut? 

Bagian akhir pendampingan Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: Setelah Bapak/ Ibu menjalani program PGP ini apa hal yang menurut Bapak/ Ibu paling Bapak/Ibu kuasai dari materi-materi yang sudah dipraktikkan? Materi apa yang Bapak/ Ibu rasakan masih membingungkan dan ingin dipelajari lebih dalam? Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. Memotivasi untuk tetap mencoba meminta umpan balik dari rekan guru, murid, dan mempraktikkan coaching baik ke rekan guru lainnya atau ke murid.

Pendamping/ Pengajar Praktik mengingatkan CGP untuk mengisi Lembar Pengecekan Mandiri Kompetensi untuk Lokakarya 5 Pendamping/ Pengajar Praktik melakukan pendokumentasian lembar observasi yang telah diisi, kemudian memberikan lembar tersebut kepada CGP untuk dipelajari kembali Melakukan penilaian terhadap proses refleksi Calon Guru Penggerak berdasarkan rubrik pada lampiran. Mengisi Jurnal Pendampingan dalam LMS, mengisi daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.




Share this article now on :

Post a Comment