Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pendampingan Individu 1


Pendampingan 1 dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2022 bersama Pengajar Praktik Bp. Muhammad Syaefurohman. Fokus pendampingan individu-1 pada Pendidikan Guru Penggerak terdiri dari hal yang berkaitan dengan tugas-tugas CGP. Kegiatannya meliputi tindak lanjut hasil belajar, tindak lanjut hasil lokakarya orientasi, pembuatan kerangka portofolio digital serta posisi diri dan rencana pengembangan kompetensi. 
Pada kegiatan ini Pengajar Praktik (PP) melalukan pendampingan dengan PP berusaha memberikan pertanyaan terbuka terkait permasalahan yang dihadapi oleh CGP. 
  • Apa yang mendorong Anda melakukan perubahan tersebut?
  • Bagaimana respons peserta didik Anda atas perubahan yang dilakukan? 
  • Bagaimana Anda memandang respons tersebut?
  • Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut? 
  • Apa hal yang akan Anda lakukan/ rencanakan setelah pendampingan ini terkait perubahan praktik pembelajaran di kelas sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Pada akhir coaching, CGP mampu merumuskan sendiri solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Secara umum aktivitas pembelajaran selama pendampingan individu-1 berjalan lancar. Hal ini karena adanya komunikasi awal dengan CGP sebelum PP melakukan pendampingan. Pada tahap awal pendampingan, pendamping terlebih dahulu menanyakan kabar. Setelah itu menyampaikan tujuan dan fokus pendampingan. Tidak lupa meminta CGP menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pendampingan. 
Dokumen tersebut meliputi Lembar Kerja 2 Posisi Diri, Kerangka Portofolio Digital, dan dokumentasi aksi nyata.  Pada tahap tindak lanjut hasil belajar, Solusi yang berhasil ditemukan terkait upaya mengembangkan diri dan orang lain. Melalui diskusi CGP mendapat gambaran tentang teknis implementasi aksi nyata sub modul 1.4. 
Tahap selanjutnya adalah Pembuatan Kerangka Portofolio Digital. Sesi ini dijalankan dengan model mentoring. CGP memperoleh bimbingan dalam mengunggah aksi nyata dan dokumen lainnya ke portofolio digital yang sudah dibuat. CGP juga memperoleh masukan dari PP terkait menu wajib dalam portofolio digital. Pada tahap ini, terjadi perkembangan kompetensi CGP dalam mengelola portofolio digital sehingga tampilannya lebih menarik.  
Diakhir pendampingan, CGP melakukan refleksi terkait pendampingan. Hasil refleksi menunjukkan bahwa pendampingan individu-1 telah berjalan dengan baik. 



Share this article now on :

Post a Comment